Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i1.1041Keywords:
model pembelajaran, berbasis masalah, hasil belajar, elektronika dasarAbstract
Abstrak — Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Tomohon. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika, menerapkan model pembelajaran berbasis masalah maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian pada siklus I dari 20 orang siswa hanya 8 orang siswa (40%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai ≤ 75. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 20 orang siswa (100%) yang mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat dilihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar elektronika dasar siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Tomohon.
References
Arends. R. I. (2008). Learning to Teach Edisi ke 7 (H.P. Soetjipto & S.M. Soetjipto. Ed). New York: McGrawHill.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewey, J. 2009. Pendidikan Dasar Berbasis Pengalaman. Jakarta: Ipublishing.
Idelman P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi Listrik Kelas XI TITL SMK N 1 Tagulandang Utara. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Tondano: Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado.
Mamahit, C. E. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH MODEL BAURAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI MAHASISWA [THE EFFECT OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES AND PERCEPTIONS]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17(1), 67-83.
Mulyasa, H. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreaktif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech, 1(2), 211-231.
Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Tan, T. (2017). Teaching is an art: Maximize your teaching. Yogyakarta: Deepublisher.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Preanada Media Grup.
Widayanti, R., & Nur'aini, K. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.
Yusniar, W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMP N 1SP Padang.Skripsi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Wilfredo Kurama, Benyamins Tampang, Rudy Sanger
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.