Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar

Authors

  • Wilfredo Kurama Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Benyamin Tampang Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Rudy Sanger Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i1.1041

Keywords:

model pembelajaran, berbasis masalah, hasil belajar, elektronika dasar

Abstract

Abstrak — Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Tomohon. Hipotesis dalam penelitian ini adalah  jika, menerapkan model pembelajaran berbasis masalah maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian pada siklus I dari 20 orang siswa hanya 8 orang siswa (40%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai ≤ 75. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 20 orang siswa (100%) yang mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat dilihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar elektronika dasar siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Tomohon.

References

Arends. R. I. (2008). Learning to Teach Edisi ke 7 (H.P. Soetjipto & S.M. Soetjipto. Ed). New York: McGrawHill.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewey, J. 2009. Pendidikan Dasar Berbasis Pengalaman. Jakarta: Ipublishing.

Idelman P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi Listrik Kelas XI TITL SMK N 1 Tagulandang Utara. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Tondano: Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado.

Mamahit, C. E. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH MODEL BAURAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI MAHASISWA [THE EFFECT OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES AND PERCEPTIONS]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17(1), 67-83.

Mulyasa, H. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreaktif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech, 1(2), 211-231.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Tan, T. (2017). Teaching is an art: Maximize your teaching. Yogyakarta: Deepublisher.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Preanada Media Grup.

Widayanti, R., & Nur'aini, K. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.

Yusniar, W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMP N 1SP Padang.Skripsi.

Downloads

Published

2021-04-05 — Updated on 2021-04-05

How to Cite

Kurama, W., Tampang, B., & Sanger, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar. JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 7-14. https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i1.1041

Issue

Section

Articles