Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar
Main Article Content
Abstract
Abstrak< strong> Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Tomohon Hipotesis dalam penelitian ini adalah nbsp; jika menerapkan model pembelajaran berbasis masalah maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa Berdasarkan penelitian pada siklus I dari 20 orang siswa hanya 8 orang siswa 40 yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai 75 Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 20 orang siswa 100 yang mencapai ketuntasan belajar Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat dilihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar elektronika dasar siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Tomohon < p>
Downloads
Article Details
Section
How to Cite
References
Arends R I 2008 Learning to Teach Edisi ke 7 H P Soetjipto S M Soetjipto Ed New York: McGrawHill
Arikunto S 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Jakarta: Rineka Cipta
Dewey J 2009 Pendidikan Dasar Berbasis Pengalaman Jakarta: Ipublishing
Idelman P 2016 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi Listrik Kelas XI TITL SMK N 1 Tagulandang Utara Skripsi Tidak Diterbitkan Tondano: Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
Mamahit C E 2021 PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH MODEL BAURAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI MAHASISWA [THE EFFECT OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES AND PERCEPTIONS] Polyglot: Jurnal Ilmiah 17 1 67 83
Mulyasa H 2008 Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreaktif dan Menyenangkan Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rusman 2014 Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Edutech 1 2 211 231
Shoimin Aris 2014 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013 Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA
Susanto A 2013 Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Tan T 2017 Teaching is an art: Maximize your teaching Yogyakarta: Deepublisher
Trianto 2009 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Jakarta: Kencana Preanada Media Grup
Widayanti R Nur aini K D 2020 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika 2 1 12 23
Yusniar W 2016 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMP N 1SP Padang Skripsi