Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar

Main Article Content

Wilfredo Kurama
Benyamin Tampang
Rudy Sanger

Abstract

Abstrak  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Tomohon. Hipotesis dalam penelitian ini adalah  jika, menerapkan model pembelajaran berbasis masalah maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian pada siklus I dari 20 orang siswa hanya 8 orang siswa (40%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai ≤ 75. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 20 orang siswa (100%) yang mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat dilihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar elektronika dasar siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Tomohon.

Article Details

How to Cite
Kurama, W., Tampang, B., & Sanger, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar. JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 7–14. https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i1.1041
Section
Articles

References

Arends. R. I. (2008). Learning to Teach Edisi ke 7 (H.P. Soetjipto & S.M. Soetjipto. Ed). New York: McGrawHill.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewey, J. 2009. Pendidikan Dasar Berbasis Pengalaman. Jakarta: Ipublishing.

Idelman P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi Listrik Kelas XI TITL SMK N 1 Tagulandang Utara. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Tondano: Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado.

Mamahit, C. E. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH MODEL BAURAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI MAHASISWA [THE EFFECT OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES AND PERCEPTIONS]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17(1), 67-83.

Mulyasa, H. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreaktif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech, 1(2), 211-231.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Tan, T. (2017). Teaching is an art: Maximize your teaching. Yogyakarta: Deepublisher.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Preanada Media Grup.

Widayanti, R., & Nur'aini, K. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.

Yusniar, W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMP N 1SP Padang.Skripsi.