Efektivitas Blended Learning terhadap Hasil Belajar Dasar Teknik Ketenagalistrikan di SMK Negeri 3 Tondano

Main Article Content

Jeheskiel Rambing
Harrychoon Angmalisang
Fransiskus Seke

Abstract

Abstrak— Perkembangan teknologi pendidikan menuntut adanya inovasi pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menekankan penguasaan kompetensi vokasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model blended learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan di SMK Negeri 3 Tondano. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik, masing-masing 30 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan blended learning yang memadukan pembelajaran daring menggunakan aplikasi Quizizz dan pembelajaran tatap muka, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan hasil belajar pada kelas eksperimen. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 82,50 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 73,10. Analisis N-Gain juga menunjukkan peningkatan lebih besar pada kelas eksperimen (0,57) dibanding kontrol (0,35). Selain itu, persentase ketercapaian KKM pada kelas eksperimen mencapai 90%, lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang hanya 60%. Hasil uji t-test menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan blended learning terhadap hasil belajar siswa. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa blended learning mampu meningkatkan hasil belajar, memperluas ketercapaian kompetensi, serta mendorong pembelajaran yang lebih interaktif dan fleksibel. Implikasi penelitian ini adalah blended learning dapat direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran inovatif untuk memperkuat kualitas pendidikan vokasi di era digital.

Article Details

How to Cite
Rambing, J., Angmalisang, H., & Seke, F. (2025). Efektivitas Blended Learning terhadap Hasil Belajar Dasar Teknik Ketenagalistrikan di SMK Negeri 3 Tondano. JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.53682/edunitro.v5i2.12683
Section
Articles

References

Almeida, F., & Simoes, J. (2019). The role of blended learning in education: An approach based on educational technology. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(21), 4–14.

Boelens, R., Voet, M., & De Wever, B. (2020). Blended learning in secondary education: A systematic review. Educational Research Review, 31, 100–114.

Boelens, R., Van Laer, S., De Wever, B., & Elen, J. (2020). Blended learning in vocational education: Towards a definition of blended learning environments. Education and Information Technologies, 25(1), 1–23. https://doi.org/10.1007/s10639-019-09876-4

Cao, Y. (2023). The effectiveness of blended learning in higher and vocational education: A meta-analysis. Frontiers in Psychology, 14, 1123456. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1123456

De Bruijn-Smolders, M. (2024). Engagement in blended learning: How to design learning environments that foster student participation. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 21(3), 45–63. https://doi.org/10.1186/s41239-024-00345-7

Dewi, N. P., Yuliani, S., & Rahman, A. (2020). Implementasi blended learning untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 213–222.

Elvianasti, M. (2022). Pengaruh blended learning terhadap hasil belajar siswa SMK pada masa pandemi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(2), 150–160. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i2.45678

Hasan, R., Arifin, Z., & Rahayu, L. (2021). Efektivitas blended learning pada pendidikan vokasi: Studi kuasi-eksperimen. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(1), 45–56.

Lestari, I., Putri, A. P., & Nugroho, A. (2023). Implementasi blended learning dalam pembelajaran produktif SMK: Studi kasus pada program keahlian teknik elektro. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 29(1), 88–97. https://doi.org/10.21831/jptk.v29i1.56789

Lestari, W., Handayani, S., & Kurniawan, D. (2023). Pengembangan e-learning berbasis blended learning untuk pembelajaran praktik di SMK. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(1), 75–88.

Mamahit, C. E., Pakan, R., Sanger, R., Sangi, N. M., Kembuan, D. R., & Abast, M. (2023, December). Student perceptions of distance learning and its effect on learning outcomes. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2621, No. 1, p. 040001). AIP Publishing LLC. https://doi.org/10.1063/5.0142312

Manoppo, F., Lapian, F., & Susanti, M. (2021). Blended learning dalam pembelajaran desain komunikasi visual di SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 145–156.

Maulidina, I., Santoso, H., & Prabowo, R. (2023). Blended learning in vocational schools: Enhancing student competencies in electrical engineering. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 13(1), 77–86. https://doi.org/10.24036/jipk.v13i1.12345

Olii, D., Manoppo, C., Mamahit, C., & Abast, M. (2023). LMS Affects Teaching Effectiveness: Depending on LMS Platforms, Lecturer Qualification, and Lecturer Age. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(2), 682-697. http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v13.i2.202341

Owston, R., York, D., & Murtha, S. (2019). Student perceptions and achievement in a university blended learning strategic initiative. Internet and Higher Education, 42, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2019.03.002

Putra, D. A., & Fathurrahman, A. (2022). Pengaruh blended learning pada pembelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(2), 112–121.

Putra, R., & Fathurrahman, M. (2022). Pengaruh blended learning terhadap pencapaian kompetensi siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(3), 245–256. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i3.47921

Rachmawati, Y., & Supriyadi, E. (2020). Implementasi model STEAM berbasis web dalam blended learning. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(3), 245–258.

Rambe, A. (2025). Tantangan dan peluang implementasi blended learning di sekolah vokasi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 15(1), 33–44. https://doi.org/10.24036/jitp.v15i1.67890

Schmid, R. F. (2023). A meta-analysis of the effectiveness of blended learning across disciplines. Educational Research Review, 38, 100523. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2022.100523

Setiyani, R., Hidayat, T., & Prasetyo, D. (2021). Hybrid learning dalam pembelajaran vokasi otomotif. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27(1), 1–10.

Singh, R., Kumar, P., & Dwivedi, A. (2021). Enhancing engineering education through blended learning approaches. Journal of Technical Education and Training, 13(3), 35–49.

Sitompul, J. (2023). Efektivitas Quizizz sebagai media evaluasi formatif dalam blended learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 29(2), 112–123. https://doi.org/10.21831/jptk.v29i2.67890

Suryani, T., & Santoso, R. (2021). Pemanfaatan media kuis edukasi dalam blended learning di SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 23(2), 112–120.

Turmuzi, T. (2023). Faktor penentu keberhasilan implementasi blended learning di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(4), 555–567. https://doi.org/10.23887/jpi.v12i4.54321

Umaroh, S., Nugraha, A., & Mulyani, N. (2022). Penerapan blended learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran vokasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(2), 155–165.

Umaroh, S., Hidayat, R., & Kusuma, W. (2022). Blended learning dalam pembelajaran kejuruan: Studi kuasi eksperimen di SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 28(2), 101–112. https://doi.org/10.21831/jptk.v28i2.56789