Penerapan Case-Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar Pemelajar SMKN 1 Tomohon

Authors

  • Calvin Mamahit Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • David Wungow Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Janne Ticoh Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Viverdy Memah Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Harrychoon Angmalisang Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edunitro.v4i1.8095

Keywords:

learning methods, case-based learning, learning outcomes, metode pembelajaran, pembelajaran berbasis kasus, hasil belajar

Abstract

Abstrak— Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran berbasis kasus (case-based learning) untuk meningkatkan hasil belajar pemelajar SMK kelas X TITL. Pembelajaran berbasis kasus merupakan suatu teknik untuk meningkatkan pemikiran tingkat tinggi ketika memecahkan suatu kasus. Pengetahuan pemelajar dalam mengemukakan pendapat dapat lebih baik dalam proses pendidikan; pemelajar kurang mampu mengeksekusi informasi yang diberikan pembelajar, dan rendahnya pengalaman kelompok pemelajar dalam sesi Elektronika Dasar. Hal ini digunakan dalam skenario dan studi masalah dalam pembelajaran berbasis kasus untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan penalaran pemelajar dalam memecahkan tantangan yang dihadapi, terutama hasil belajar yang rendah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Tomohon pada bulan April–Mei 2023. Kategori pembelajaran merupakan kegiatan kelas tiga siklus yang meliputi persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan informasi penelitian ini adalah analisis deskriptif terhadap informasi pada kertas kerja pemelajar, pencatatan nilai, dan lembar observasi. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa hasil belajar pemelajar meningkat drastis dari siklus I ke siklus II hingga siklus III bila menggunakan paradigma pembelajaran berbasis kasus. Sedangkan pada siklus I rata-rata angkanya mencapai 68%; pada siklus II rata-rata angkanya mencapai 80,30%; dan pada siklus III rata-rata angkanya mencapai 90%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa paradigma pembelajaran berbasis kasus dapat meningkatkan hasil belajar pemelajar.

References

Ahn, J. N., Hu, D., & Vega, M. (2020). “Do as I do, not as I say”: Using social learning theory to unpack the impact of role models on students’ outcomes in education. Social and Personality Psychology Compass, 14(2), e12517. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/spc3.12517

Costa, R. D., Souza, G. F., Valentim, R. A. M., & Castro, T. B. (2020). The theory of learning styles applied to distance learning. Cognitive Systems Research, 64, 134–145. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.cogsys.2020.08.004

Dayu, D. P. K., Rulviana, V., & Kurniawati, R. P. (2022). Pembelajaran Blended Learning Model Case Based Learning pada Implementasi Kurikulum Merdeka. CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Kembuan, D. R. E., Abast, M. R., Simorangkir, J. O. T., Mamahit, C. E. J., Sumayku, J., & Memah, V. F. C. (2023). The evaluation of fieldwork practice program for students of the faculty of engineering State University of Manado. AIP Conference Proceedings, 2621(1). https://doi.org/10.1063/5.0142317

Koehler, A. A., Fiock, H., Janakiraman, S., Cheng, Z., & Wang, H. (2020). Asynchronous online discussions during case-based learning: A problem-solving process. Online Learning Journal, 24(4), 64–92. https://doi.org/10.24059/olj.v24i4.2332

Mansur, N. (2016). PENERAPAN KETERAMPILAN MENGAJAR DALAM UPAYA PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Lantanida Journal, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1884

Meesuk, P., Sramoon, B., & Wongrugsa, A. (2020). Classroom Action Research-based Instruction: The Sustainable Teacher Professional Development Strategy. Journal of Teacher Education for Sustainability, 22(1), 98–110. https://doi.org/doi:10.2478/jtes-2020-0008

Mokalu, A., Mamahit, C., & Sanger, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Demonstrasi di Kelas X Jurusan TITL SMKN 2 Manado. JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i2.1045

Mukhalalati, B. A., & Taylor, A. (2019). Adult Learning Theories in Context: A Quick Guide for Healthcare Professional Educators. Journal of Medical Education and Curricular Development, 6, 2382120519840332. https://doi.org/10.1177/2382120519840332

Muliyati, D., Putri, R. M., & Fahdiran, R. (2022). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika. JPPPF, 8(2). https://doi.org/10.21009/1

Mulyasa, H. E. (2020). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Universitas Pelita Bangsa.

Mustafa, Ibrahim, R., Seke, F., & Akhmad, F. (2022). Improving Electric Motor Learning Outcomes with Problem-Based Learning at SMKN 2 Ternate. Jurnal Edunitro, 2(2), 123–130. https://doi.org/https://doi.org/10.53682/edunitro.v2i2.4711

Ngalimun, F. H., & Ariani, A. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Aswaja Pressido.

Olii, D., Manoppo, C., Mamahit, C., & Abast, M. (2023). LMS Affects Teaching Effectiveness: Depending on LMS Platforms, Lecturer Qualification, and Lecturer Age. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(2), 682–697. https://doi.org/10.23960/jpp.v13.i2.202341

Putri, N. E., Nirwana, H., & Syahniar, S. (2019). Hubungan kondisi lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa sekolah menengah atas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 98. https://doi.org/10.29210/02268jpgi0005

Rasyid, M., Algaus, I., & Waode, H. (2023). The Application of Problem-Based Learning Improves the Learning Outcomes of Electric Motor Installation for Students of SMKN 1 Kulisusu. Jurnal Edunitro, 3(2), 79–88. https://doi.org/https://doi.org/10.53682/edunitro.v3i2.6574

Raza, S. A., Qazi, W., & Umer, B. (2020). Examining the impact of case-based learning on student engagement, learning motivation and learning performance among university students. Journal of Applied Research in Higher Education, 12(3), 517–533. https://doi.org/10.1108/JARHE-05-2019-0105

Rhodes, A., Wilson, A., & Rozell, T. (2020). Value of Case-Based Learning within STEM Courses: Is It the Method or Is It the Student? CBE—Life Sciences Education, 19(3), ar44. https://doi.org/10.1187/cbe.19-10-0200

Rombot, T., Mamahit, C., Ticoh, J., & Tuegeh, M. (2022). Hubungan Fasilitas dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Bidang Studi Semester 1 Pendidikan Teknik Elektro. JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 115–122. https://doi.org/10.53682/edunitro.v2i2.4417

Rorimpandey, R., Detu, H., Rapar, J., & Memah, V. (2022). Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas X TITL SMK Cokroaminoto Kotamobagu. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.53682/edunitro.v2i1.3354

Rotter, J. B. (2021). Social learning theory. In Expectations and actions. Routledge.

Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar Ruzz Media.

Sistermans, I. J. (2020). Integrating competency-based education with a case-based or problem-based learning approach in online health sciences. Asia Pacific Education Review, 21(4), 683–696. https://doi.org/10.1007/s12564-020-09658-6

Sugandi, A. (2006). Teori Pembelajaran. Universitas Negeri Semarang Press.

Tabun, Y. F., Ariningsih, K. A., Jalal, N. M., Harra Hau, R. R., Suprapmanto, J., Meisarah, F., Nuruddaroini, M. A. S., Renaldi, R., Sesrita, A., Julyanti, E., & Akbar, A. (2022). Teori Pembelajaran. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Titu, M. A. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Seminar Nasional, 176–186.

Trianto, I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Prenadamedia Group.

Wahono, B., Lin, P.-L., & Chang, C.-Y. (2020). Evidence of STEM enactment effectiveness in Asian student learning outcomes. International Journal of STEM Education, 7(1), 36. https://doi.org/10.1186/s40594-020-00236-1

Yania, H. A. G., Takaradase, A., & Mamahit, C. E. J. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SISWA SMK NEGERI 2 LUWUK. Jurnal Ilmu Teknik, 1(1), 1–9. https://doi.org/XX..XXXXX/TEKTONIK

Published

2024-04-25

How to Cite

Mamahit, C., Wungow, D., Ticoh, J., Memah, V., & Angmalisang, H. (2024). Penerapan Case-Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar Pemelajar SMKN 1 Tomohon. JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 35-46. https://doi.org/10.53682/edunitro.v4i1.8095

Issue

Section

Articles