Penerapan Case Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar Pemelajar SMKN 1 Tomohon
Main Article Content
Abstract
Abstrak Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran berbasis kasus case based learning untuk meningkatkan hasil belajar pemelajar SMK kelas X TITL Pembelajaran berbasis kasus merupakan suatu teknik untuk meningkatkan pemikiran tingkat tinggi ketika memecahkan suatu kasus Pengetahuan pemelajar dalam mengemukakan pendapat dapat lebih baik dalam proses pendidikan; pemelajar kurang mampu mengeksekusi informasi yang diberikan pembelajar dan rendahnya pengalaman kelompok pemelajar dalam sesi Elektronika Dasar Hal ini digunakan dalam skenario dan studi masalah dalam pembelajaran berbasis kasus untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan penalaran pemelajar dalam memecahkan tantangan yang dihadapi terutama hasil belajar yang rendah Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Tomohon pada bulan April Mei 2023 Kategori pembelajaran merupakan kegiatan kelas tiga siklus yang meliputi persiapan pelaksanaan observasi dan refleksi Teknik dan alat pengumpulan informasi penelitian ini adalah analisis deskriptif terhadap informasi pada kertas kerja pemelajar pencatatan nilai dan lembar observasi Temuan penelitian mengungkapkan bahwa hasil belajar pemelajar meningkat drastis dari siklus I ke siklus II hingga siklus III bila menggunakan paradigma pembelajaran berbasis kasus Sedangkan pada siklus I rata rata angkanya mencapai 68 ; pada siklus II rata rata angkanya mencapai 80 30 ; dan pada siklus III rata rata angkanya mencapai 90 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa paradigma pembelajaran berbasis kasus dapat meningkatkan hasil belajar pemelajar < p>
Downloads
Article Details
Section
How to Cite
References
Ahn J N Hu D Vega M 2020 Do as I do not as I say : Using social learning theory to unpack the impact of role models on students outcomes in education Social and Personality Psychology Compass 14 2 e12517 https: doi org https: doi org 10 1111 spc3 12517
Costa R D Souza G F Valentim R A M Castro T B 2020 The theory of learning styles applied to distance learning Cognitive Systems Research 64 134 145 https: doi org https: doi org 10 1016 j cogsys 2020 08 004
Dayu D P K Rulviana V Kurniawati R P 2022 Pembelajaran Blended Learning Model Case Based Learning pada Implementasi Kurikulum Merdeka CV AE MEDIA GRAFIKA
Kembuan D R E Abast M R Simorangkir J O T Mamahit C E J Sumayku J Memah V F C 2023 The evaluation of fieldwork practice program for students of the faculty of engineering State University of Manado AIP Conference Proceedings 2621 1 https: doi org 10 1063 5 0142317
Koehler A A Fiock H Janakiraman S Cheng Z Wang H 2020 Asynchronous online discussions during case based learning: A problem solving process Online Learning Journal 24 4 64 92 https: doi org 10 24059 olj v24i4 2332
Mansur N 2016 PENERAPAN KETERAMPILAN MENGAJAR DALAM UPAYA PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MAHASISWA Lantanida Journal 4 2 https: doi org http: dx doi org 10 22373 lj v4i2 1884
Meesuk P Sramoon B Wongrugsa A 2020 Classroom Action Research based Instruction: The Sustainable Teacher Professional Development Strategy Journal of Teacher Education for Sustainability 22 1 98 110 https: doi org doi:10 2478 jtes 2020 0008
Mokalu A Mamahit C Sanger R 2021 Peningkatan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Demonstrasi di Kelas X Jurusan TITL SMKN 2 Manado JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 1 2 19 26 https: doi org 10 53682 edunitro v1i2 1045
Mukhalalati B A Taylor A 2019 Adult Learning Theories in Context: A Quick Guide for Healthcare Professional Educators Journal of Medical Education and Curricular Development 6 2382120519840332 https: doi org 10 1177 2382120519840332
Muliyati D Putri R M Fahdiran R 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika JPPPF 8 2 https: doi org 10 21009 1
Mulyasa H E 2020 Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Universitas Pelita Bangsa
Mustafa Ibrahim R Seke F Akhmad F 2022 Improving Electric Motor Learning Outcomes with Problem Based Learning at SMKN 2 Ternate Jurnal Edunitro 2 2 123 130 https: doi org https: doi org 10 53682 edunitro v2i2 4711
Ngalimun F H Ariani A 2013 Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas Aswaja Pressido
Olii D Manoppo C Mamahit C Abast M 2023 LMS Affects Teaching Effectiveness: Depending on LMS Platforms Lecturer Qualification and Lecturer Age Jurnal Pendidikan Progresif 13 2 682 697 https: doi org 10 23960 jpp v13 i2 202341
Putri N E Nirwana H Syahniar S 2019 Hubungan kondisi lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa sekolah menengah atas JPGI Jurnal Penelitian Guru Indonesia 3 2 98 https: doi org 10 29210 02268jpgi0005
Rasyid M Algaus I Waode H 2023 The Application of Problem Based Learning Improves the Learning Outcomes of Electric Motor Installation for Students of SMKN 1 Kulisusu Jurnal Edunitro 3 2 79 88 https: doi org https: doi org 10 53682 edunitro v3i2 6574
Raza S A Qazi W Umer B 2020 Examining the impact of case based learning on student engagement learning motivation and learning performance among university students Journal of Applied Research in Higher Education 12 3 517 533 https: doi org 10 1108 JARHE 05 2019 0105
Rhodes A Wilson A Rozell T 2020 Value of Case Based Learning within STEM Courses: Is It the Method or Is It the Student? CBE Life Sciences Education 19 3 ar44 https: doi org 10 1187 cbe 19 10 0200
Rombot T Mamahit C Ticoh J Tuegeh M 2022 Hubungan Fasilitas dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Bidang Studi Semester 1 Pendidikan Teknik Elektro JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 2 2 115 122 https: doi org 10 53682 edunitro v2i2 4417
Rorimpandey R Detu H Rapar J Memah V 2022 Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas X TITL SMK Cokroaminoto Kotamobagu JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 2 1 29 36 https: doi org 10 53682 edunitro v2i1 3354
Rotter J B 2021 Social learning theory In Expectations and actions Routledge
Shoimin A 2021 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 Ar Ruzz Media
Sistermans I J 2020 Integrating competency based education with a case based or problem based learning approach in online health sciences Asia Pacific Education Review 21 4 683 696 https: doi org 10 1007 s12564 020 09658 6
Sugandi A 2006 Teori Pembelajaran Universitas Negeri Semarang Press
Tabun Y F Ariningsih K A Jalal N M Harra Hau R R Suprapmanto J Meisarah F Nuruddaroini M A S Renaldi R Sesrita A Julyanti E Akbar A 2022 Teori Pembelajaran Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Titu M A 2015 Penerapan model pembelajaran project based learning PjBL untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi Seminar Nasional 176 186
Trianto I B 2014 Mendesain model pembelajaran inovatif progresif dan kontekstual Prenadamedia Group
Wahono B Lin P L Chang C Y 2020 Evidence of STEM enactment effectiveness in Asian student learning outcomes International Journal of STEM Education 7 1 36 https: doi org 10 1186 s40594 020 00236 1
Yania H A G Takaradase A Mamahit C E J 2023 PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SISWA SMK NEGERI 2 LUWUK Jurnal Ilmu Teknik 1 1 1 9 https: doi org XX XXXXX TEKTONIK