PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS ULUINDANO

Authors

Keywords:

Model (CTL) Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini adalah hasil observasi yang telah dilakukan pada pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas IV pada materi Gaya dan nbsp; Gerak menunjukkan bahwa selama kegiatan belajar mengajar dilakukan guru dengan menggunakan model yang kurang efektif serta hanya transfer ilmu dari guru nbsp; kepada siswa sehingga siswa memperoleh pengetahuan hanya dari pelajaran yang terdapat dibuku dan siswa kurang mengerti pelajaran tanpa memahami arti dan makna dari pelajaran yang diterima Serta kurangnya kreatifitas dari guru untuk membentuk suasana belajar yang kurang bermakna sehingga dapat mempengaruhi minat belajar siswa Karena hanya 8 orang siswa saja dari 19 siswa yang mencapai KKM 75 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang Gaya dan Gerak melalui penerapan model pembelajaran CTL Contextual Teaching and Learning < em>siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano Tomohon Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK yang mengacu pada desain penelitian oleh Spiral Penelitian Tindakan Kemmis amp; Mc Taggart Aqib 2006 : 31 dengan langkah langkah sebagai berikut : Perencanaan Pelaksanaan Pengamatan Observasi dan refleksi Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano yang berjumlah 20 orang siswa 13 Siswa perempuan dan 7 orang siswa laki laki Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaaan siklus I hasilnya 62 75 Dan siklus ke II 87 5 Mengacu pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL Contextual Teaching and Learnin < em> dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano < p>

References

Downloads

Published

2020-11-11

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)