PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN (CTL) CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS ULUINDANO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah hasil observasi yang telah dilakukan, pada pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas IV pada materi Gaya dan Gerak, menunjukkan bahwa selama kegiatan belajar mengajar dilakukan guru dengan menggunakan model yang kurang efektif serta hanya transfer ilmu dari guru kepada siswa sehingga siswa memperoleh pengetahuan hanya dari pelajaran yang terdapat dibuku dan siswa kurang mengerti pelajaran tanpa memahami arti dan makna dari pelajaran yang diterima. Serta kurangnya kreatifitas dari guru untuk membentuk suasana belajar yang kurang bermakna sehingga dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Karena hanya 8 orang siswa saja dari 19 siswa yang mencapai KKM 75%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang Gaya dan Gerak melalui penerapan model pembelajaran (CTL) Contextual Teaching and Learning) siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano Tomohon. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian oleh Spiral Penelitian Tindakan Kemmis & Mc Taggart (Aqib, 2006 : 31) dengan langkah – langkah sebagai berikut : Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan/Observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano yang berjumlah 20 orang siswa, 13 Siswa perempuan dan 7 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaaan siklus I hasilnya 62,75 %. Dan siklus ke II 87,5%. Mengacu pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model (CTL) Contextual Teaching and Learnin) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano.