UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS IV SD INPRES 4/82 LOLAH

Main Article Content

Stevano Putra Pratama Leme
Marien Pinontoan
Widdy H.F Rorimpandey

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKN melalui metode tutor sebaya
di kelas IV SD INPRES 4/82 Lolah. Rumusan masalah penelitian bagaimana upaya
meningkatkan hasil belajar PKN melalui metode tutor sebaya di IV SD INPRES 4/82 Lolah.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV INPRES 4/82 Lolah dengan jumlah siswa
23 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar PKN
melalui metode tutor sebaya. Penelitian dilakukan dalam dua siklus agar penelitian tindakan
kelas ini berhasil dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, hak dan kewajiban melalui metode
tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar PKN, dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus
II. Pada tindakan siklus I diketahui rata-rata 11 siswa yang tuntas atau ketuntasan klasikal
hanya mencapai 61,30%. Pada siklus II rata-rata siswa yang tuntas meningkat menjadi 23 orang
siswa atau ketuntasan klasikal 82%. Nilai ini telah melewati batas nilai KKM dikelas IV SD
INPRES 4/82 Lolah Tiga yaitu >75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa
dengan upaya meningkatkan hasil belajar PKN melalui metode tutor sebaya di kelas IV SD
INPRES 4/82 Lolah meningkat.

Article Details

Section
Articles