UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS IV SD INPRES 4 82 LOLAH
Keywords:
Metode tutor sebaya, hasil belajar PKNAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKN melalui metode tutor sebaya
di kelas IV SD INPRES 4 82 Lolah Rumusan masalah penelitian bagaimana upaya
meningkatkan hasil belajar PKN melalui metode tutor sebaya di IV SD INPRES 4 82 Lolah
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV INPRES 4 82 Lolah dengan jumlah siswa
23 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar PKN
melalui metode tutor sebaya Penelitian dilakukan dalam dua siklus agar penelitian tindakan
kelas ini berhasil dengan baik Berdasarkan hasil penelitian hak dan kewajiban melalui metode
tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar PKN dari sebelum tindakan siklus I dan siklus
II Pada tindakan siklus I diketahui rata rata 11 siswa yang tuntas atau ketuntasan klasikal
hanya mencapai 61 30 Pada siklus II rata rata siswa yang tuntas meningkat menjadi 23 orang
siswa atau ketuntasan klasikal 82 Nilai ini telah melewati batas nilai KKM dikelas IV SD
INPRES 4 82 Lolah Tiga yaitu gt;75 Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa
dengan upaya meningkatkan hasil belajar PKN melalui metode tutor sebaya di kelas IV SD
INPRES 4 82 Lolah meningkat < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id