UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS IV SD INPRES 4/82 LOLAH
Keywords:
Metode tutor sebaya, hasil belajar PKNAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKN melalui metode tutor sebaya 
di kelas IV SD INPRES 4/82 Lolah. Rumusan masalah penelitian bagaimana upaya 
meningkatkan hasil belajar PKN melalui metode tutor sebaya di IV SD INPRES 4/82 Lolah. 
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV INPRES 4/82 Lolah dengan jumlah siswa 
23 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar PKN 
melalui metode tutor sebaya. Penelitian dilakukan dalam dua siklus agar penelitian tindakan 
kelas ini berhasil dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, hak dan kewajiban melalui metode 
tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar PKN, dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus 
II. Pada tindakan siklus I diketahui rata-rata 11 siswa yang tuntas atau ketuntasan klasikal 
hanya mencapai 61,30%. Pada siklus II rata-rata siswa yang tuntas meningkat menjadi 23 orang 
siswa atau ketuntasan klasikal 82%. Nilai ini telah melewati batas nilai KKM dikelas IV SD 
INPRES 4/82 Lolah Tiga yaitu >75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa 
dengan upaya meningkatkan hasil belajar PKN melalui metode tutor sebaya di kelas IV SD 
INPRES 4/82 Lolah meningkat.
						
											
   widdyrorimpandey@unima.ac.id