PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD GMIM 1 KAKASKASEN TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD GMIM 1 Kakaskasen Tomohon melalui penerapa Model Pembelajaran Inkuiri. Model pembelajaran inkuiri adalah pembelajaran yang berpusat pada kemampuan siswa untuk melakukan observasi atau eksperimen untuk mencari jawaban atau memecahkan masalah terhadap pertanyaan atau rumusan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis dan logis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V SD GMIM 1 Kakaskasen Tomohon. Temuan pada pelaksanaan pada siklus I menunjukan hasil belajar siswa mencapai 67%, sehingga dilanjutkan kesiklus II. Pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat mencapai 93%, peningkatan ini jelas terlihat dalam proses pembelajaran dimana siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapkan Model Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA