PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES MANUMPITAENG

Authors

  • Debora Pangumpia Universitas Negeri Manado
  • Zoya F. Sumampow Universitas Negeri Manado
  • Fonny Katili Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di kelas V SD Inpres Manumpitaeng. Metode penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kemmis dan Taggart menyatakan bahwa model penelitian tindakan kelas adalah bentuk spiral (Aqib, 2009:31). Penelitian tindakan ini bermaksud untuk melakukan perbaikan terhaap proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam (sains) khususnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres Manumpitaeng. Penelitian ini Mengunakan metode penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) perencanaan, (2) tinndakan, (3) Observasi, (4) Refleksi yang dilaksanakan demgan 2 siklus. Adapun menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Manumpitaeng dengan menegunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dapat memahami materi dari dua siklus tersebut, Teknik analisis data mengunakan rumus KB hasil yang diperoleh siklus I 60% siklus II 94,8%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD Inpres Manumpitaeng.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)