PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GP KUMELEMBUAI

Main Article Content

Elshaddai E. Wagei
Zoya F. Sumampow
Magdalena J. Kaunang
Fonny Katili

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas V SD GP Kumelembuai. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang digunakan pada penelitian siklus pertama pada ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 42,85% dan nilai rata-rata siswa sebesar 65,71, untuk itu dilanjutkan pada siklus kedua meningkat pada ketuntasan belajar siswa menjadi 100% dan nilai rata-rata sebesar 82,85. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas V di SD GP Kumelembuai dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)