PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GP KUMELEMBUAI
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas V SD GP Kumelembuai. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang digunakan pada penelitian siklus pertama pada ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 42,85% dan nilai rata-rata siswa sebesar 65,71, untuk itu dilanjutkan pada siklus kedua meningkat pada ketuntasan belajar siswa menjadi 100% dan nilai rata-rata sebesar 82,85. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas V di SD GP Kumelembuai dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.