PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION CIRC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GP KUMELEMBUAI
Keywords:
Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, CIRC, hasil belajar Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition CIRC < em>pada siswa kelas V SD GP Kumelembuai Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition CIRC < em>yang digunakan pada penelitian siklus pertama pada ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 42 85 dan nilai rata rata siswa sebesar 65 71 untuk itu dilanjutkan pada siklus kedua meningkat pada ketuntasan belajar siswa menjadi 100 dan nilai rata rata sebesar 82 85 Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition CIRC < em> pada siswa kelas V di SD GP Kumelembuai dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id