PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN PADA MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD INPRES LANSOT
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD INPRES LANSOT.Hasil pembelajaran yang dicapai oleh 9 siswa adalah 2 siswa mencapai nilai KKM dan 7 siswa belum mencapai nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkat hasil belajar IPA materi perubahan pada mahkluk hidup melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas IV SD INPRES LANSOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Menurut Kemmis dan Mc. Taggart (Aqib Zainal, 2006:31), yang terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan,Pelaksanaan/Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes yaitu lembar penilaian (LP) dan lembar kerja siswa (LKS). Teknik analisis data menggunakan rumus (Triamto,2008:171) KB=T/Tt x 100%. Hasil belajar siswa, siklus I hanya mencapai 62,2%, sedangkan pada siklus II mencapai 84,4%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model ,pembelajaran Problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi perubahan pada mahkluk hidup pada siswa IV SD INPRES LANSOT dan dapat membantu siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam pembelajara yang diberikan guru. Guru kelas IV disarankan agar dapat menerapkan model pembelajaran Problem based learning dalam pembelajaran IPA dan diharapkan siswa untuk lebih aktif dan kreatif agar supaya pengetahuan siswa lebih meningkat dalam pembelajaran yang diberikan guru.