PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN PADA MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD INPRES LANSOT

Authors

Keywords:

Model Problem based learning, hasil belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD INPRES LANSOT Hasil pembelajaran yang dicapai oleh 9 siswa adalah 2 siswa mencapai nilai nbsp; KKM dan 7 siswa belum mencapai nilai KKM Penelitian ini bertujuan untuk meningkat hasil belajar IPA materi perubahan pada mahkluk hidup melalui penerapan model pembelajaran problem based learning< em> pada siswa kelas IV SD INPRES LANSOT Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Menurut Kemmis dan Mc Taggart Aqib Zainal 2006:31 yang terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan Pelaksanaan Tindakan Observasi dan Refleksi Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes yaitu lembar penilaian LP dan lembar kerja siswa LKS Teknik analisis data menggunakan rumus Triamto 2008:171 KB=T Tt x 100 Hasil belajar siswa siklus I hanya mencapai 62 2 sedangkan pada siklus II mencapai 84 4 Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem based learning< em> dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi perubahan pada mahkluk hidup pada siswa IV SD INPRES LANSOT dan dapat membantu siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam pembelajara nbsp; yang diberikan guru Guru kelas IV disarankan agar dapat menerapkan model pembelajaran Problem based learning< em> dalam pembelajaran IPA dan diharapkan siswa untuk lebih aktif dan kreatif agar supaya pengetahuan siswa lebih meningkat dalam pembelajaran yang diberikan guru < p>

References

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>