PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES 4 82 WALIAN

Authors

Keywords:

Model Pembelajaran, Student Team Achievement Division, IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD
Inpres 4 82 Walian melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement
Division Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April tahun 2023 Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK dalam model spiral
dari Kermmis dan MC Taggart dalam Zainal Aqib 2006 yang meliputi 4 tahap yaitu : 1
Perencanaan 2 Pelaksanaan 3 Pengamatan 4 Refleksi Subjek penelitian ini adalah 20
orang siswa kelas IV SD Inpres 4 82 Walian yang terdiri dari 10 siswa laki laki dan 10 siswa
perempuan Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pengamatan aktivitas dan tes
yang dibagikan kepada siswa dalam bentuk lembar evaluasi untuk melihat capaian hasil belajar
siswa Teknik analisis data diperoleh melalui hasil tes yang dicapai oleh siswa yang dilakukan
diakhir pembelajaran Hasil penelitian dilaksanakan dalam II siklus Siklus I menunjukan
bahwa hasil belajar yang diperoleh yaitu 65 5 Kemudian siklus II hasil yang diperoleh yaitu
81 5 Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar IPA
siswa khususnya pada siswa kelas IV SD Inpres 4 82 Walian < p>

References

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5