PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA IPA KELAS IV SD KATOLIK I BUNDA HATI KUDUS TARATARA
Keywords:
Model Pembelajaran Project Based Learning, hasil belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model Project Based Learning pada siswa kelas V SD Katolik I Bunda Hati Kudus Taratara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 64,21 (cukup) dan semakin meningkat pada siklus II 81,05 (baik sekali). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 63 (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II 83,62 (baik sekali). Sedangkan untuk kreativitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I dengan persentase 64,75% (kreativitas sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 77,5% (kreativitas tinggi). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Katolik I Bunda Hati Kudus Taratara.