PROBLEM DYSCALCULIA TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR ANAK KELAS V DI SD INPRES LANSOT

Authors

Keywords:

Problem Dyscalculia, Kemampuan Belajar

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran kemampuan belajar anak kelas V SD Inpres Lansot yang mengalami kesulitan dalam berhitung Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti ketika turun kelapangan nbsp; Diskalkulia merupakan kesulitan memperoleh keterampilan aritmatika dasar seperti berhitung dan memahami bilangan Menurut Arisandi 2014 kesulitan nbsp; belajar nbsp; matematika nbsp; atau yang nbsp; disebut nbsp; istilah diskalkulia merupakan nbsp; kesulitan nbsp; belajar yang nbsp; dialami nbsp; oleh nbsp; anak dalam berhitung Berdasarkan hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa anak yang mengalami masalah kesulitan berhitung memiliki kemampuan belajar yang berbeda dengan anak pada umumnya yang tidak mengalami kesulitan tersebut Anak dengan hambatan berhitung lebih cenderung memiliki ketertinggalan dalam memahami materi melakukan penalaran serta kemampuan belajarnya dibawah rata rata Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitar serta masalah psikologis anak < p>

References

Downloads

Published

2023-11-01

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)