PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS I MATERI OPRASI BILANGAN BULAT DI SD NEGERI MAEN

Authors

Keywords:

Project Based Learning, hasil belajar, Bilangan Bulat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Project Based Learning< em> pada siswa kelas I SD Negeri Maen Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Penelitian ini menggunakan quasi experimental design kelompok eksperimen terdiri dari 15 siswa dan kelompok kontrol terdiri dari 15 siswa dengan jumlah 30 orang Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis yang terdiri dari 10 soal essay yang di sebarkan ke kelas eksperimen dan kelas kontrol Analisis data menggunakan program SPSS versi 25 uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis Dari table 5 memperoleh nilai signifikansi 2 tailed yaitu 0 000 lt; 0 05 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima kemudian data yang diperoleh dari hasil Std Error Difference pada kelas eksperimen post test nbsp; memiliki nilai yakni 3 227 sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa menerapkan model Project Based Learning< em> dan tanpa menerapkan model Project Based Learning< em> pada materi penjumlahan dan pengurangan Dengan demikian model pembelajaran Project Based Learning< em> berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas I materi oprasi bilangan bulat di SD Negeri Maen < p>

References

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)