PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS I MATERI OPRASI BILANGAN BULAT DI SD NEGERI MAEN
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas I SD Negeri Maen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design kelompok eksperimen terdiri dari 15 siswa dan kelompok kontrol terdiri dari 15 siswa dengan jumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis, yang terdiri dari 10 soal essay yang di sebarkan ke kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menggunakan program SPSS versi 25, uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari table 5 memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0.000 < 0.05 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, kemudian data yang diperoleh dari hasil Std. Error Difference pada kelas eksperimen (post-test) memiliki nilai yakni 3.227. sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa menerapkan model Project Based Learning dan tanpa menerapkan model Project Based Learning pada materi penjumlahan dan pengurangan. Dengan demikian, model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas I materi oprasi bilangan bulat di SD Negeri Maen.