PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD INPRES 12/79 GIRIAN BAWAH

Main Article Content

Riska Y. Kapojos
Jeanne Mangangantung
Deysti T. Tarusu

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam rangka untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Inpres 12/79 Girian Bawah dengan penerapan model pembelajaran Project based learning. Project based learning diartikan sebagai salah satu pembelajaran yang merupakan proses pembelajaran yang memberikan tantangan bagi siswa untuk mencari solusi dari permasalahan secara individu maupun kelompok pada siswa kelas III SD Inpres 12/79 Girian Bawah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan langkah-langkah: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan Tindakan 3. Observasi dan 4. Refleksi, dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1 mencapai 37,5% dan pada siklus II mencapai 81,5 %. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa pencapaian siswa dengan Model Pembelajaran Project based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Inpres 12/79 Girian Bawah. Sebagai saran bagi guru kelas untuk menerapkan model Pembelajaran Project based learning dalam pembelajaran IPA yaitu dapat mengubah cara mengajar guru agar lebih guru agar lebih kreatif, variatif dan lebih melibatkan siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Article Details

Section
Articles