PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD INPRES PERUMNAS ULUINDANO

Main Article Content

Olanda C. Umbure
Agnes M Goni
Djemmy Tombokan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division[i] siswa kelas V SD INPRES PERUMNAS Uluindano. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) yang dilaksanakan dalam II siklus dan terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan yang ada, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa hasil belajar penjumlahan dan penguranagan pecahan dengan penyebut yang berbeda dengan menggunakan model pembelajaran Student team Achievement Division pada siklus I persentasi ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 53,85% dengan nilai rata-rata 70,38 dan meningkat pada siklus II pada persentasi ketuntasan siswa sebesar 100% dengan nilai rata-rata sebesar 84,62. Berdasarkan hasil temuan di SD INPRES PERUMNAS Uluindano dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan dengan penyebut yang berbeda.

Article Details

Section
Articles