PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DI KELAS IV SD INPRES KAKASKASEN III

Main Article Content

Kezia I. Soetikno
Mersty E. Rindengan
Djemmy Tombokan

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti melalui pengamatan pada saat proses Kegiatan Belajar Mengajar sekaligus pengamatan data hasil ulangan semester khususnya di kelas IV SD Inpres Kakaskasen III,  ditemukan ada masalah pada proses pembelajaran pada nilai kognitif sehingga hasil belajar menurun. Dari penilaian terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai siswa masih banyak yang belum mencapai KKM dengan standar nilai yang ditentukan yakni 75. Dari 12  siswa yang mencapai KKM hanya 2 siswa dan yang belum mencapai KKM 10 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Tema Berbagai Pekerjaan melalui penerapan Model Pembelajaran Jigsaw di kelas IV SD Inpres Kakaskasen III. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (Arikunto dkk 2010), yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar kelas yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 58,3% dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 91,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Tema Berbagai Pekerjaan di Kelas IV SD Inpres Kakaskasen III. Berdasarkan kesimpulan, di beri saran bagi guru kelas dan juga peneliti selanjutnya agar dapat menerapkan model pembelajaran Jigsaw dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>