PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TONDANO
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi dalam kegiatan belajar mengajar yang saya lakukan di SD Negeri 3 Tondano, proses pembelajaran yang dilakukan kurang efektif. Dalam kegiatan belajar mengajar belum menggunakan metode dan alat peraga yang tepat. Ketika menjelaskan materi guru hanya menggunakan metode ceramah dan alat peraga seadanya, sehingga siswa kurang tertarik dengan materi yang dibelajarkan. Ketika guru sedang menjelaskan didepan kelas hanya beberapa siswa yang memperhatikan, sebagian siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, banyak melamun dan sebagian siswa jadi kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. Dalam observasi yang saya lakukan di dapati bahwa dari 20 siswa ada 12 siswa mengalami kesulitan mempelajari materi Perubahan Wujud Benda karena 12 siswa ini belum paham dengan materi tersebut. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu peneliti ingin memperbaikinya dengan menggunakan metode yang lain yaitu metode demonstrasi. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur pelaksanaannya dapat dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan presentase hasil pada siklus I adalah 70% maka perlu dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II hasil belajar adalah 86,25 % sehingga ada peningkatan dan dapat mencapai standar ketuntasan. Dengan hasil yang diperoleh ini, maka peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa penggunaan Metode Demonstrasi membuat hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 3 Tondano.