Strategi Komunikasi Humas PT. Pertamina EP Pendopo Field dalam Melaksanakan Program CSR

Authors

  • Angelina Faulensia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Yenrizal Yenrizal Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rina Pebriana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Strategi Komunikasi, CSR, Hubungan Masyarakat

Abstract

Komunikasi yang efektif antara perusahaan dan masyarakat menjadi kunci utama dalam keberhasilan program CSR, khususnya dalam upaya mendorong keberlanjutan dan pemberdayaan lokal. Kurangnya keterlibatan masyarakat dalam proses komunikasi seringkali menyebabkan program CSR tidak tepat sasaran dan minim dampak jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh bagian humas PT. Pertamina EP Pendopo Field dalam melaksanakan program CSR Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis strategi komunikasi berdasarkan lima prinsip teori dialogis Kent & Taylor, lima prinsip utama: mutuality, propinquity, empathy, risk, dan commitment. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pihak Humas perusahaan dan masyarakat penerima manfaat program CSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi humas PT. Pertamina EP Pendopo Field telah mencerminkan penerapan prinsip-prinsip dialogis secara optimal. Mutuality terlihat dalam bentuk kerja sama dan kemitraan sejajar antara perusahaan dan masyarakat. Propinquity diwujudkan melalui komunikasi terbuka dalam pertemuan-pertemuan partisipatif. Empathy tercermin dari perhatian perusahaan terhadap kebutuhan dan kondisi petani. Prinsip risk terlihat dari kesediaan menerima masukan dan tantangan selama proses pelaksanaan. Sedangkan commitment tampak dalam pendampingan berkelanjutan dan konsistensi komunikasi. Program ini tidak hanya memperkuat hubungan perusahaan dengan masyarakat, tetapi juga berkontribusi nyata dalam peningkatan kesejahteraan petani lokal secara berkelanjutan.

References

Astrid (2017). Analiss Komunikasi dan Persepi Maarakat Dalam Pogram CSR Ligkungan Hidup PT. Adhya Tirta Batam di Kota Medan.

Aisyah, S. (2025). Peran Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Meningkatkan Reputasi Dan Keberlanjutan Bisnis Di Era Modern. 2, 74–81.

Fitria, P., & Razali, G. (2023). Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Brand Image Pada Bening’S Clinic Cabang Kemang Jakarta Selatan. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial.

Gadis Kusuma Astuti. (2024). Buana komunikasi.

Haryanti, D. (2021). Program Corporate Social Responsibility Kompas Gramedia Berdasarkan Triple Bottom Line.Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial.

Hayat, N. M. (2024). Strategi Komunikasi Humas Universitas PTIQ Jakarta dalam Mengelola Media Sosial sebagai Media Publikasi. El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam.

Nurozi, K., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Sisdianto, E., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2024). Peran Corporate Social Responsibility ( CSR ) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat : Analisis Dampak Sosial Dan Ekonomi.

Pratama, P. S. (2016). PT . Sido Muncul merupakan salah satu perusahaan yang mengaplikasikan kegiatan CSR yaitu pemberdayaan masyrakat dalam program Desa Wisata Rempah dan Buah , Kegiatan Corporate Sosial Responsibility ( CSR ) PT . Industri Jamu dan farmasi Sido Muncul Tbk .,.

Prayogo, D. (2017). Makara Human Behavior Studies in Asia Evaluasi Program Corporate Social Responsibility dan Community Development pada Industri Tambang dan Migas. 15(1).

Rachmat Kriayanto. (2017). Teori-teori Public Relations Perspektif Barat.

Saleh, A., & Sihite, M. (2020). Strategi Komunikasi untuk Program Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1).

Sumyani, Y., Juliani, R., & Widiyanto, A. (2021). Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Pt . Tirta Investama Subang.

Wahyana, A. N., Koswara, I., & Subekti, P. (2025). Strategi storytelling dalam video feature untuk memperkuat identitas desa wisata. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5, 171

Zebua, I., Waruwu, M. H., Harefa, I., & Mendrofa, S. A. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Mengurangi Resistensi Pegawai Pada Badan Pusat Statistik Kota Gunungsitoli. Jurnal Ekonomi Dan Perkembangan Bisnis, Vol. 8 No.(1), 56.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Faulensia, A., Yenrizal, Y., & Pebriana, R. (2025). Strategi Komunikasi Humas PT. Pertamina EP Pendopo Field dalam Melaksanakan Program CSR. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 628-647. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/11993