PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X SMK KRISTEN KAWANGKOAN
Keywords:
model pembelajaran, hasil belajar, Simulasi dan Komunikasi DigitalAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK Kristen Kawangkoan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eskperimen semu dengan menggunakan desain penelitian non-equivalent control-group design, sedangkan pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan soal tes objektif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Kristen Kawangkoan dan sampelnya adalah Kelas X Akutansi sebagaikelas kontrol dan Kelas X OTKP sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan bantuan aplikasi Microsoft excel 2010 dan penghitungan Thitung dengan rumus varians berbeda. Berdasarkan Uji Normalitas dimana kedua data ini berdistribusi normal. Hasil uji Homogenitas dari kedua data tersebut dengan menggunakan uji-F sama-sama homogeny. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t Polled Varians dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung < ttabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini yaitu ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital siswa Kelas X SMK Kristen Kawangkaon.
Downloads
Published
Versions
- 2021-02-17 (3)
- 2021-02-17 (2)
- 2020-11-09 (1)