This is an outdated version published on 2021-02-17. Read the most recent version.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X SMK KRISTEN KAWANGKOAN

Authors

  • Putri P. Watulingas Universitas Negeri Manado
  • Ferdinan I. Sangkop Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Universitas Negeri Manado

Keywords:

model pembelajaran, hasil belajar, Simulasi dan Komunikasi Digital

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK Kristen Kawangkoan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eskperimen semu dengan menggunakan desain penelitian non-equivalent control-group design, sedangkan pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan soal tes objektif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Kristen Kawangkoan dan sampelnya adalah Kelas X Akutansi sebagaikelas kontrol dan Kelas X OTKP sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan bantuan aplikasi Microsoft excel 2010 dan penghitungan Thitung dengan rumus varians berbeda. Berdasarkan Uji Normalitas dimana kedua data ini berdistribusi normal. Hasil uji Homogenitas dari kedua data tersebut dengan menggunakan uji-F sama-sama homogeny. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t Polled Varians dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung < ttabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini yaitu ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital siswa Kelas X SMK Kristen Kawangkaon.

Downloads

Published

2020-11-09 — Updated on 2021-02-17

Versions

Issue

Section

Articles