PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TUTORIAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI SMK NUSANTARA TONDANO

Authors

  • Renaldy F L Ginoga Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado
  • M. Ch. Manoppo Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/ise.v3i1.5170

Keywords:

Model Pembelajaran, Jigsaw, Hasil Belajar Siswa, SMK, TKJ

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Jiqsaw untuk meningkatkan hasil belajar KKPI Siswa Kelas X TKJ SMK Nusantara Tondano. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil pra survey yang Di lakukan di SMK Nusantara Tondano dapat dilihat bahwa jumlah nilai dari 21 Siswa Kelas X TKJ SMK Nusantara adalah (1260) dan nilai rata-ratanya adalah (60). Sedangkan setelah dilakukan tindakan padan siklus I, jumlah nilai yang di peroleh Siswa Kelas X TKJ SMK Nusantara Tondano adalah (1377) dan nilai rata-ratanya adalah (66), dari 21 Siswa Kelas X TKJ SMK Nusantara, yang tutas 7 Siswa dan yang belum tuntas 14 Siswa. Pada Siklus II jumlah nilai yang diperoleh 21 Siswa Kelas X TKJ Nusantara adalah (1706) dan Rata-ratanya (81), dari 21 Siswa Kelas X TKJ SMK Nusantara, yang tuntas 18 Siswa dan bekum tuntas 3 Siswa. Kesimpulan Penelitian: dari keseluruhan Siklus yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran JIqsaw dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Nusantara.

Downloads

Published

2022-06-10

Issue

Section

Articles