PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TUTORIAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI SMK NUSANTARA TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/ise.v3i1.5170Keywords:
Model Pembelajaran, Jigsaw, Hasil Belajar Siswa, SMK, TKJAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk < em>menerapkan model pembelajaran Jiqsaw untuk meningkatkan hasil belajar KKPI Siswa Kelas X TKJ < em>SMK < em>Nusantara Tondano< em> Metode < em>Penelitian < em>yang digunakan adalah < em>Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus masing masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Dari hasil pra survey yang Di lakukan di SMK Nusantara Tondano dapat dilihat bahwa jumlah nilai dari 21 Siswa Kelas X TKJ SMK Nusantara adalah 1260 dan nilai rata ratanya adalah 60 Sedangkan setelah dilakukan tindakan padan siklus I jumlah nilai yang di peroleh Siswa Kelas X TKJ SMK Nusantara Tondano adalah 1377 dan nilai rata ratanya adalah 66 dari 21 Siswa Kelas X TKJ SMK Nusantara yang tutas 7 Siswa dan yang belum tuntas 14 Siswa Pada Siklus II jumlah nilai yang diperoleh 21 Siswa Kelas X TKJ Nusantara adalah 1706 dan Rata ratanya 81 dari 21 Siswa Kelas X TKJ SMK Nusantara yang tuntas 18 Siswa dan bekum tuntas 3 Siswa Kesimpulan Penelitian: dari keseluruhan Siklus yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran JIqsaw dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Nusantara < em>< p>
