PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 5 BITUNG
DOI:
https://doi.org/10.53682/ise.v1i02.713Keywords:
Model Pembelajaran Discovery, Hasil Belajar siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 5 Bitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimen. Rancangan penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK NEGERI 5 BITUNG, dimana dengan penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sample, sampel yang diambil berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 2 kelas, masing-masing terdiri dari 15 siswa. Berdasarkan hasil penelitian. Data yang terkumpul dengan menguji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Data dari hasil penelitian di SMK Negeri 5 Bitung menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Hasil belajar dari Teknologi Layanan Jaringan yang menggunakan model pembelajaran discovery lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan konvensional, dimana rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 83, dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas Kontrol yaitu 74.33. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar Teknologi Layanan Jaringan siswa SMK Negeri 5 Bitung.
Downloads
Published
Versions
- 2021-02-08 (3)
- 2021-02-08 (2)
- 2020-12-31 (1)