This is an outdated version published on 2021-02-08. Read the most recent version.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 5 BITUNG

Authors

  • Janli Marlinda Okra Universitas Negeri Manado
  • Djami Olii Universitas Negeri Manado
  • Parabelem T. D Rompas Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/ise.v1i02.713

Keywords:

Model Pembelajaran Discovery, Hasil Belajar siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 5 Bitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimen. Rancangan penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK NEGERI 5 BITUNG, dimana dengan penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sample, sampel yang diambil berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 2 kelas, masing-masing terdiri dari 15 siswa. Berdasarkan hasil penelitian. Data yang terkumpul dengan menguji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Data dari hasil penelitian di SMK Negeri 5 Bitung menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Hasil belajar dari Teknologi Layanan Jaringan yang menggunakan model pembelajaran discovery lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan konvensional, dimana rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 83, dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas Kontrol yaitu 74.33. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar Teknologi Layanan Jaringan siswa SMK Negeri 5 Bitung.

Downloads

Published

2020-12-31 — Updated on 2021-02-08

Versions

Issue

Section

Articles