This is an outdated version published on 2021-02-08. Read the most recent version.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 5 BITUNG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/ise.v1i02.713

Keywords:

Model Pembelajaran Discovery, Hasil Belajar siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery < em>terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 5 Bitung Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimen < em>Rancangan penelitian adalah Pretest Posttest Control Group Design < em> Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK NEGERI 5 BITUNG dimana dengan penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sample< em> sampel yang diambil berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 2 kelas masing masing terdiri dari 15 siswa Berdasarkan hasil penelitian Data yang terkumpul dengan menguji perbedaan dua rata rata uji t Data dari hasil penelitian di SMK Negeri 5 Bitung menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa Hasil belajar dari Teknologi Layanan Jaringan yang menggunakan model pembelajaran discovery < em>lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan konvensional dimana rata rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 83 dibandingkan dengan rata rata hasil belajar kelas Kontrol yaitu 74 33 Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran discovery< em> terhadap hasil belajar Teknologi Layanan Jaringan siswa SMK Negeri 5 Bitung < p>

References

Downloads

Published

2020-12-31 — Updated on 2021-02-08

Versions

Issue

Section

Articles