PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A PADA MATA PELAJARAN IPS DI UPTD SMP NEGERI 3 KALABAHI

Authors

  • Krida Eka Wati Miha PPG Universitas Negeri Manado
  • Jerry Wuisang PPG Universitas Negeri Manado
  • Noula Korengkeng PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8135

Abstract

 

ABTSRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun manfaat yang diharapkan dari penilitan ini antara lain : manfaat praktis yakni dapat menjadi referensi  bagi para pembaca dan menjadi sarana penulis dalam mendalami teori-teori kependidikan, sedangkan manfaat teoritis menjadi masukan bagi Dinas Pendidikan dan masukan bagi guru-guru Mata Pelajaran IPS dalam rangka peningkatan kompetensi mengajar.

Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas,  pengumpulan data dilakukan setelah kegiatan belajar mengajar dilakukan, sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh melalui perbandingan hasil yang diperoleh siswa di siklus 1 dan siklus 2. Yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII A UPTD SMP Negeri 3 Kalabahi sebanyak 21 siswa.

Hasil penelitian mengalami peningkatan dari siklus yang satu ke siklus selanjutnya. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus 1 dapat diketahui nilai rata-rata siswa adalah 84,28. Siswa yang mendapat nilai diatas KKM sebesar 90,48% yaitu 19 siswa dan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM sebesar 9,52% yaitu 2 siswa.. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus 2 dapat diketahui nilai rata-rata siswa adalah 88,33. Siswa yang mendapat nilai diatas KKM sebesar 94,44% yaitu 17 siswa dan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM sebesar 5,56% yaitu 1 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Model Pembelajaran Problem based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep Perdagangan Antardaerah dan konsep Keunggulan dan keterbatasan antarruang serta pengaruhnya terhadap kegiatan ekonomi, sosial budaya di Indonesia dan ASEAN mata pelajaran IPS pada   s iswa kelas VIII A di UPTD SMP Negeri 3 Kalabahi.

Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa.

 

 

ABSTRACT

The aim of this research is to determine the application of the Problem Based Learning learning model in order to improve student learning outcomes. The expected benefits from this research include: practical benefits, namely that it can serve as a reference for readers and become a means for writers to explore educational theories, while the theoretical benefits become input for the Education Department and input for social studies teachers in order to improve teaching competency.

This research uses the Classroom Action Research Method, data collection is carried out after teaching and learning activities have been carried out, while analyzing the data obtained through comparing the results obtained by students in cycle 1 and cycle 2. The population is students of class VIII A UPTD SMP Negeri 3 Kalabahi as many as 21 students.

The research results have increased from one cycle to the next. Based on the analysis of learning outcomes in cycle 1, it can be seen that the average student score is 84.28. Students who scored above the KKM were 90.48%, namely 19 students and students who scored below the KKM were 9.52%, namely 2 students. Based on the analysis of learning outcomes in cycle 2, it can be seen that the average student score was 88.33. . Students who scored above the KKM were 94.44%, namely 17 students and students who scored below the KKM were 5.56%, namely 1 student. This shows that the use of the Problem Based Learning Model media can increase understanding of the concept of Interregional Trade and the concept of Advantages and Limitations of Interspace and its influence on economic, socio-cultural activities in Indonesia and ASEAN in social studies subjects in class VIII A students at UPTD SMP Negeri 3 Kalabahi .

Keywords: Problem Based Learning Model, Student Learning Outcomes

 

 

Author Biographies

Krida Eka Wati Miha, PPG Universitas Negeri Manado

ok

Jerry Wuisang, PPG Universitas Negeri Manado

ok

References

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial.PT. Gramedia

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Sapriya, 2009. Pendidikan IPS. Bandung :Remaja Rosdakarya

Trianto. 2007.Model-modelPembelajaran InovatifBerorientasi Konstruktivitis.Jakarta: Prestasi Pustaka

Arikunto Suharsimi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara Jakarta.

Agib Zainal, 2003. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, Insan Cendekia, Surabaya.

Dimyati dan Mudjiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Hakim Thursan, 2002. Belajar Secara Efektif,Puspa Swara, Jakarta.

Hayati Mimin, 2007. Model dan Teknik Penelitian, Ruang Persada Press, Jakarta.

Margono, S, 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan,Rineka Cipta, Jakarta.

Majid Abud, 2006. Perencanaan Pembelajaran, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Miha, K. E. W. ., Wuisang, J., & Korengkeng, N. (2025). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A PADA MATA PELAJARAN IPS DI UPTD SMP NEGERI 3 KALABAHI. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 56–66. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8135