MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X B DI SMA NEGERI 3 POSO PADA PEMBELAJARAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN MELALUI TUTOR SEBAYA

Authors

  • . Petrawati PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Robert Winerungan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Ferry Slat PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8691

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi dengan melalui “tutor sebaya†pada siswa kelas X B yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari  14 peserta didik laki-laki dan 21 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui model dengan urutan : penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus 2. Pada  siklus 1 jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 66% atau 24 siswa, meningkat 20% pada siklus 2 menjadi 86% atau 31 peserta didik. Berdasarkan indikator keberhasilan penelitian ini, maka dapat disimpulkan  bahwa pembelajaran dengan  Tutor sebaya ini dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi dikelas X B SMA Negeri 3 Poso.

Kata Kunci: ekonomi, hasil belajar, tutor sebaya.

 

 

 

ABSTRACT

This research aims to improve learning outcomes in economics subjects through "peer tutoring" for class X B students totaling 35 students, consisting of 14 male students and 21 female students. Data collection techniques use observation, tests and documentation. The data analysis technique is carried out through a model in the sequence: data presentation and conclusion drawing. The results of this research are an increase in student learning outcomes in economics learning. This can be seen from the increase in the percentage of student learning outcomes from cycle I to cycle 2. In cycle 1 the number of students who reached the KKM was 66% or 24 students, increasing 20% in cycle 2 to 86% or 31 students. student. Based on the research success indicators, it can be concluded that learning with peer tutors can improve learning outcomes in economics subjects in class X B of SMA Negeri 3 Poso.

Keywords: economics, learning outcomes, peer tutoring.

 

References

Acep Yoni, S.S, dkk. 2012. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarta.

Arikunto. 1995. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ischank, Waji. 1982. Program Remedial Dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakaryta: Liberty.

Nasution. 1982. Tekhnologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Indrawati, S.Si, 2016. Efektifitas Metode Pembelajaran Tutor sebaya untuk Meningkatkan hasi belajar siswa kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 3 PosoPada Pembelajaran Suku Banyak tutor Sebaya.

Wina Sanjana.2006.Strategi Pembelajaran Berorientasi standar dan proses pendidikan. Bandung:Prenda Media Grup.

http://baliteacher.blogspot.com/2010/02/pembelajaran -dengan -methode-tutor-teman.htm

http://dossuwanda.wordpress.com/2008/03/11penggunaan-metode-tutor-sebaya-contoh-proposal-ptk/

http://dadangjsn.blogspot.com/2014/06/pengertiandefenisi-pendekatan-saintifik.html#ixzz3dl1fdLSFb

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Petrawati, ., Winerungan, R. ., & Slat, F. (2025). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X B DI SMA NEGERI 3 POSO PADA PEMBELAJARAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN MELALUI TUTOR SEBAYA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 53–62. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8691