PENGARUH CYBERLOAFING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PGSD FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MANADO
Keywords:
Cyberloafing, Prokrastinasi Akademik, MahasiswaAbstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan penarikan sampel menggunakan tabel isaac dan berjumlah 227 mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNIMA. Berdasarkan tujuan penelitian dapat diketahui, tingkat cyberloafing bagi mahasiswa PGSD berada pada kategori yang sedang dengan jumlah 93.8%. dapat dilihat bahwa pengaruh cyberloafing pada mahasiswa PGSD cukup banyak. Tingkat Prokrastinasi bagi mahasiswa berada pada kategori sedang dengan jumlah 90.3% dapat dilihat bahwa mahasiswa PGSD memiliki Prokrastinasi yang sama besarnya dengan cyberloafing. Berdasarkan dari hasil analisis regresi sederhana antara cyberloafing (X) dan Prokrastinasi akademik (Y) terdapat pengaruh positif yang signifikan, hal tersebut dapat dilihat dengan nilai signifikansi yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05). Besarnya nilai korelasi (r) sebesar 0,657. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,431 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas Cyberloafing terhadap variabel terikat Prokrastinasi Akademik adalah sebesar 43,1%. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.