Pengaruh Pengetahuan, Motivasi, E-Commerce, dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Kearifan Lokal Pada Generasi Z

Authors

  • Mulyanto Mulyanto Universitas Muria Kudus
  • Krisnanda Krisnanda Universitas Muria Kudus
  • Iwan Suroso Universitas Muria Kudus
  • Anissya Lutfi Septanti Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.53682/mk.v5i1.9217

Keywords:

Entrepreneurship, e-commerce, Z generation, gusjigang, entrepreneurial interest

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, e-commerce, dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha berbasis kearifan lokal Gusjigang pada generasi Z di Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Sebanyak 130 responden dalam penelitian ini. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan alat tes Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha berbasis kearifan lokal Gusjigang pada generasi Z. Motivasi berwirausaha, e-commerce, dan penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha berbasis kearifan lokal Gusjigang pada generasi Z. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan kewirausahaan tidak secara langsung mempengaruhi terhadap minat generasi Z untuk berwirausaha berbasis kearifan lokal Gusjigang di Kabupaten Kudus. Namun, motivasi berwirausaha, e-commerce dan penggunaan media sosial dapat meningkatkan minat generasi Z terhadap wirausaha berbasis kearifan lokal Gusjigang di Kabupaten Kudus. Sehingga, peningkatan dari factor-faktor tersebut dapat memperbesar minat generasi Z terhadap berwirausaha dengan memanfaatkan kearifan lokal Gusjigang.

 

This study aims to examine and analyze the influence of entrepreneurial knowledge, entrepreneurial motivation, e-commerce, and social media usage on entrepreneurial interest based on the local wisdom of Gusjigang among Generation Z in Kudus Regency. This is a quantitative study using primary data. There were 130 respondents in this research. The sampling technique employed is nonprobability sampling with purposive sampling. Data analysis was conducted using the Smart-PLS tool. The results show that entrepreneurial knowledge has a negative and insignificant effect on entrepreneurial interest based on the local wisdom of Gusjigang among Generation Z. Entrepreneurial motivation, e-commerce, and social media usage have a positive and significant effect on entrepreneurial interest based on the local wisdom of Gusjigang among Generation Z. Based on the data analysis, it can be concluded that entrepreneurial knowledge does not directly influence the interest of Generation Z in entrepreneurship based on the local wisdom of Gusjigang in Kudus Regency. However, entrepreneurial motivation, e-commerce, and social media use can increase Generation Z's interest in entrepreneurship based on the local wisdom of Gusjigang in Kudus Regency. Therefore, enhancing these factors can increase Generation Z's interest in entrepreneurship by leveraging the local wisdom of Gusjigang.

References

Afria, J., & Suharsono, N. (2023). Penggunaan Media Sosial Pada Minat Berwirausaha Melalui Kreativitas Anak Muda Kota Amuntai Kalimantan Selatan. Manajemen dan Kewirausahaan, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.52682/mk.v4i1.4904

Agusmiati, D., & Wahyudin, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha dengan Self Efficacy sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 878–893. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28317

Aidha, Z. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 1(1): 42–59.

Amadea, P. T., & Riana, I. G. (2020). Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Pengendalian Diri, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1594. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i04.p18

Arta, I. K. A., & Sujana, I. K. (2024). E-Commerce, Literasi Keuangan, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi, 34(3), 597-610.

Dhania, R. (2018). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Praktek Kewirausahaan dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2), 64. https://doi.org/10.31317/jmk.9.2.64-76.2018

Fahlia, F., & Mulyani, E. (2018). Motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 204–211. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22679

Ferdinand, A. (2015). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Francis, T., & Hoefel, F. (2018). “True Gen”: Generation Z and its implications for companies. McKinsey & Company, 10. https://www.mckinsey.com/~/media/McKinsey/Industries/Consumer Packaged Goods/Our Insights/True Gen Generation Z and its implications for companies/Generation-Z-and-its-implication-for-companies.ashx

Giri, E. L. S., & Sujana, I. N. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 112–121. https://doi.org/10.23887/jjpe.v15i1.63546

Hair, J. F. JR., Tomas M. Hult, G., M. Ringle, C., & Sarstedt, M. (2022). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). 3rd Edition. SAGE Publications, Inc. http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/1743727X.2015.1005806

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(3), 291–314. https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e318240fa84

Hinduan, Z.R., Anggraeni, A. and Agia, M.I. (2020), "Generation Z in Indonesia: The Self-Driven Digital", Gentina, E. and Parry, E. (Ed.) The New Generation Z in Asia: Dynamics, Differences, Digitalisation (The Changing Context of Managing People), Emerald Publishing Limited, Leeds, pp. 121-134

Ikmah & Widawati, Anik Sri, (2018). Penerapan E-Commerce Untuk Pemasaran Pada Usaha Handycraft. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, Implementasi Teknologi Tepat Guna kepada Masyarakat. ISSN: 2615-2657. p. 169

Khasanah, F. N., Rofiah, S., & Setiyadi, D. (2019). Metode User Centered Design Dalam Merancang Tampilan Antarmuka Ecommerce Penjualan Pupuk Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups. JAST: Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi, 3(2), 14. https://doi.org/10.33366/jast.v3i2.1443

Krisnanda, K., Nadia, L. P., Achmad, A. W., & Mukhlisin, A. (2023). The Price and Islamic Service Quality on Customer Satisfaction in Islamic Banking. I-Economics: A Research Journal on Islamic Economics, 9(2), 80–91. https://doi.org/10.19109/ieconomics.v9i2.20267

Luthfi, M., & Fahrurrozi. (2020). Gusjigang, Nilai Spritual- Sosial-Kewirausahaan dalam Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren al-Mawaddah Kudus. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 1(2), 213–235.

Pane, R., & Manullang, D. T. (2023). Pengaruh Pemahaman E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan Tahun 2023. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Entrepreneurship, 1(3), 1–13.

Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 203. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.246

Rahmawati, A., Yohana, C., & Pratama, A. (2022). Pengaruh Sosial Media dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 3(2), 594–604. https://doi.org/10.21009/jbmk.0302.19

Rasli, A., Khan, S.U.R., Malekifar, S. & Jabeen, S. (2013). Factors affecting entrepreneurial intention among graduate students of Universiti Teknologi Malaysia. International Journal of Business and Social Science, 4(2), 182-188.

Romindo, Niar, H., Sipayung, R., Julyanthry, Yendrianof, D., Pelu, M. F. A., Febrianty, Jamaludin, Ardiana, D. P. Y., Simarmata, J., & Purba, B. (2020). Sistem Informasi Bisnis. Yayasan Kita Menulis.

Sari, N. E., Pramika, D., & Toyib, M. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha di SMK Negeri 1 Benakat. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 9(2), 95–102. https://doi.org/10.36706/jp.v9i2.18723

Telaumbanua, R. (2023). Pengaruh Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIRAYA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan 6(1), 143-152.

Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(1), 64–69. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.6

Yasin, A. F. (2022). Berwirausaha, E-Commerce, dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Minat Berwirausaha Pasca Pandemi Covid- 19 Pada Wanita Generasi Z di Kota Medan. 3(1), 1–8.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Mulyanto, M., Krisnanda, K., Suroso, I., & Septanti, A. L. (2024). Pengaruh Pengetahuan, Motivasi, E-Commerce, dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Kearifan Lokal Pada Generasi Z. Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 95-110. https://doi.org/10.53682/mk.v5i1.9217