Pengaruh Pengetahuan Motivasi E Commerce dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Kearifan Lokal Pada Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.53682/mk.v5i1.9217Keywords:
Entrepreneurship, e-commerce, Z generation, gusjigang, entrepreneurial interestAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan motivasi berwirausaha e commerce dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha berbasis kearifan lokal Gusjigang pada generasi Z di Kabupaten Kudus Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer Sebanyak 130 responden dalam penelitian ini Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling Analisis data dilakukan dengan menggunakan alat tes Smart PLS Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha berbasis kearifan lokal Gusjigang pada generasi Z Motivasi berwirausaha e commerce dan penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha berbasis kearifan lokal Gusjigang pada generasi Z Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan kewirausahaan tidak secara langsung mempengaruhi terhadap minat generasi Z untuk berwirausaha berbasis kearifan lokal Gusjigang di Kabupaten Kudus Namun motivasi berwirausaha e commerce dan penggunaan media sosial dapat meningkatkan minat generasi Z terhadap wirausaha berbasis kearifan lokal Gusjigang di Kabupaten Kudus Sehingga peningkatan dari factor faktor tersebut dapat memperbesar minat generasi Z terhadap berwirausaha dengan memanfaatkan kearifan lokal Gusjigang < em>< p>
< p>
This study aims to examine and analyze the influence of entrepreneurial knowledge entrepreneurial motivation e commerce and social media usage on entrepreneurial interest based on the local wisdom of Gusjigang among Generation Z in Kudus Regency This is a quantitative study using primary data There were 130 respondents in this research The sampling technique employed is nonprobability sampling with purposive sampling Data analysis was conducted using the Smart PLS tool The results show that entrepreneurial knowledge has a negative and insignificant effect on entrepreneurial interest based on the local wisdom of Gusjigang among Generation Z Entrepreneurial motivation e commerce and social media usage have a positive and significant effect on entrepreneurial interest based on the local wisdom of Gusjigang among Generation Z Based on the data analysis it can be concluded that entrepreneurial knowledge does not directly influence the interest of Generation Z in entrepreneurship based on the local wisdom of Gusjigang in Kudus Regency However entrepreneurial motivation e commerce and social media use can increase Generation Z s interest in entrepreneurship based on the local wisdom of Gusjigang in Kudus Regency Therefore enhancing these factors can increase Generation Z s interest in entrepreneurship by leveraging the local wisdom of Gusjigang < em>< p>
Downloads
References
Afria J Suharsono N 2023 Penggunaan Media Sosial Pada Minat Berwirausaha Melalui Kreativitas Anak Muda Kota Amuntai Kalimantan Selatan Manajemen dan Kewirausahaan 4 1 1 16 https: doi org 10 52682 mk v4i1 4904
Agusmiati D Wahyudin A 2019 Pengaruh Lingkungan Keluarga Pengetahuan Kewirausahaan Kepribadian dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha dengan Self Efficacy sebagai Variabel Moderating Economic Education Analysis Journal 7 3 878 893 https: doi org 10 15294 eeaj v7i3 28317
Aidha Z 2016 Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara JUMANTIK Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan 1 1 : 42 59
Amadea P T Riana I G 2020 Pengaruh Motivasi Berwirausaha Pengendalian Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Niat Berwirausaha E Jurnal Manajemen Universitas Udayana 9 4 1594 https: doi org 10 24843 EJMUNUD 2020 v09 i04 p18
Arta I K A Sujana I K 2024 E Commerce Literasi Keuangan Pengetahuan Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Jurnal Akuntansi 34 3 597 610
Dhania R 2018 Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Praktek Kewirausahaan dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Kewirausahaan Mahasiswa Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 9 2 64 https: doi org 10 31317 jmk 9 2 64 76 2018
Fahlia F Mulyani E 2018 Motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi SOCIA: Jurnal Ilmu Ilmu Sosial 15 2 204 211 https: doi org 10 21831 socia v15i2 22679
Ferdinand A 2015 Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Francis T Hoefel F 2018 True Gen : Generation Z and its implications for companies McKinsey Company 10 https: www mckinsey com media McKinsey Industries Consumer Packaged Goods Our Insights True Gen Generation Z and its implications for companies Generation Z and its implication for companies ashx
Giri E L S Sujana I N 2023 Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 15 1 112 121 https: doi org 10 23887 jjpe v15i1 63546
Hair J F JR Tomas M Hult G M Ringle C Sarstedt M 2022 A primer on partial least squares structural equation modeling PLS SEM 3rd Edition SAGE Publications Inc http: www tandfonline com doi abs 10 1080 1743727X 2015 1005806
Hendrawan J S Sirine H 2017 Pengaruh Sikap Mandiri Motivasi Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Journal of Innovation and Entrepreneurship 2 3 291 314 https: doi org 10 1097 SCS 0b013e318240fa84
Hinduan Z R Anggraeni A and Agia M I 2020 Generation Z in Indonesia: The Self Driven Digital Gentina E and Parry E Ed The New Generation Z in Asia: Dynamics Differences Digitalisation The Changing Context of Managing People Emerald Publishing Limited Leeds pp 121 134
Ikmah Widawati Anik Sri 2018 Penerapan E Commerce Untuk Pemasaran Pada Usaha Handycraft Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat Implementasi Teknologi Tepat Guna kepada Masyarakat ISSN: 2615 2657 p 169
Khasanah F N Rofiah S Setiyadi D 2019 Metode User Centered Design Dalam Merancang Tampilan Antarmuka Ecommerce Penjualan Pupuk Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups JAST: Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi 3 2 14 https: doi org 10 33366 jast v3i2 1443
Krisnanda K Nadia L P Achmad A W Mukhlisin A 2023 The Price and Islamic Service Quality on Customer Satisfaction in Islamic Banking I Economics: A Research Journal on Islamic Economics 9 2 80 91 https: doi org 10 19109 ieconomics v9i2 20267
Luthfi M Fahrurrozi 2020 Gusjigang Nilai Spritual Sosial Kewirausahaan dalam Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren al Mawaddah Kudus ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab 1 2 213 235
Pane R Manullang D T 2023 Pengaruh Pemahaman E Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan Tahun 2023 Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Entrepreneurship 1 3 1 13
Rahayu E S Laela S 2018 Pengaruh Minat Berwirausaha dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa Jurnal Pengembangan Wiraswasta 20 3 203 https: doi org 10 33370 jpw v20i3 246
Rahmawati A Yohana C Pratama A 2022 Pengaruh Sosial Media dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurnal Bisnis Manajemen dan Keuangan 3 2 594 604 https: doi org 10 21009 jbmk 0302 19
Rasli A Khan S U R Malekifar S Jabeen S 2013 Factors affecting entrepreneurial intention among graduate students of Universiti Teknologi Malaysia International Journal of Business and Social Science 4 2 182 188
Romindo Niar H Sipayung R Julyanthry Yendrianof D Pelu M F A Febrianty Jamaludin Ardiana D P Y Simarmata J Purba B 2020 Sistem Informasi Bisnis Yayasan Kita Menulis
Sari N E Pramika D Toyib M 2022 Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha di SMK Negeri 1 Benakat Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi 9 2 95 102 https: doi org 10 36706 jp v9i2 18723
Telaumbanua R 2023 Pengaruh Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis FEB UNIRAYA Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan 6 1 143 152
Yadewani D Wijaya R 2017 Pengaruh e Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Jurnal RESTI Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi 1 1 64 69 https: doi org 10 29207 resti v1i1 6
Yasin A F 2022 Berwirausaha E Commerce dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Minat Berwirausaha Pasca Pandemi Covid 19 Pada Wanita Generasi Z di Kota Medan 3 1 1 8

