Hubungan Antara Literasi Ekologi dengan Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa di Kampus

Authors

  • Jeilen Gabriela Nikita Nusa Universitas Negeri Manado
  • Aghata Archenta Tumengkol Universitas Negeri Manado

Keywords:

literasi ekologi, ramah lingkungan, perilaku, mahasiswa, kampus

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara literasi ekologi dan perilaku ramah lingkungan mahasiswa di kampus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional, dimana data dikumpulkan melalui survei yang melibatkan sejumlah 34 mahasiswa aktif Prodi Fisika Unima sebagai responden yang dipilih secara purposive sampling. Teknik analisis data yang menggunakan uji statistik parametrik. Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa Literasi Ekologi (LE) berperan penting dalam membentuk Perilaku Ramah Lingkungan (PRL) di kalangan mahasiswa. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, diperoleh signifikansi, F(1,32) = 4.842, p < 0.035, untuk persamaan regresi, y = 41.534 + (-0.250)x. Koefisien regresi (-0.250) menunjukkan hubungan negatif antara LE dan PRL, dimana peningkatan PRL diikuti dengan penurunan LE sebesar 0.250 unit. Hasil analisis regresi pada nilai (R) sebesar 0.363, menyatakan adanya korelasi moderat antara kedua variabel. Sementara itu, nilai (R2) sebesar 0.131 menunjukkan bahwa hanya 13.1% perbandingan Literasi Ekologi yang dapat dijelaskan oleh Perilaku Ramah Lingkungan, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga model ini masih belum memadai untuk memprediksi korelasi dengan akurat dan perlu diintegrasikan dengan variabel lain guna meningkatkan kemampuan prediksinya.

References

Begum, A., Jingwei, L., Marwat, I. U. K., Khan, S., Han, H., & Ariza-Montes, A. (2021). Evaluating the impact of environmental education on ecologically friendly behavior of university students in Pakistan: The roles of environmental responsibility and Islamic values. Sustainability, 13(18), 10188.

Chao, C. M. (2022). What factors determine college students’ green purchase behavior? An empirical investigation of the modified model of goal-directed behavior. The Social Science Journal, 1-17.

Constantinus, C., Brata, D. W., & Ardaniyati, L. (2022). Green Leadership: kepribadian ekstraversi, kecerdasan lingkungan dan perilaku ramah lingkungan. Psyche 165 Journal 15(4), 125-133.

Creswell, John W., & J. David Creswell. (2018). Microbe magazine research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. 5th Ed. Los Angeles: SAGE.

Fakhrudin, I. A., Karyanto, P., & Ramli, M. (2022). Instrumen literasi ekologi untuk mengukur kesiapan berperilaku ramah lingkungan siswa sekolah menengah atas. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 5(1), 94-106.

Miterianifa, M., & Mawarni, M. F. (2024). Penerapan model pembelajaran literasi lingkungan dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran lingkungan. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 7(1), 68-73.

Pratiwi, R. T., Nuryatin, A., Prawirasuyasa, W., Suryani, Y., & Agustira, D. (2023). The impact of economic literacy and environmental literacy on student green consumer behavior. International Journal of Educational Management and Innovation, 4(3), 194-208.

Purba, B., Akbar, M. A., Siboro, R. P., & Saputra, Z. E. (2023). Pengaruh pendidikan lingkungan terhadap sikap dan tindakan mahasiswa ekonomi dalam membantu konservasi sumber daya alam di wilayah medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26857-26861.

Purwanto, Y., & Suryanto, J. (2012). Strategi mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim: studi kasus komunitas napu di cagar biosfer lore lindu. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 14(3), 541-570.

Santi, A. U. P., Bahij, A. A., & Kusumawardani, S. (2020). Pengaruh pengetahuan pengelolaan sampah terhadap perilaku pemilahan sampah pada mahasiswa pgsd fip umj. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 193-202.

Santosa, D. A., & Raharjo, D. S. (2022). Aplikasi JASP Dan SPSS dalam penelitian kuantitatif. 1st Ed. Solo: Kepel Press.

Shahrukh, S., Bano, S., & Ullah, S. (2023). Consumers purchasing behavior towards eco friendly products among university students in quetta. Pakistan Journal of Social Research, 5(02), 914-924.

Sousa, S., Correia, E., Leite, J., & Viseu, C. (2021). Environmental knowledge, attitudes and behavior of higher education students: a case study in Portugal. International Research in Geographical and Environmental Education, 30(4), 348-365.

Sugiarto, A., & Gabriella, D. A. (2020). Kesadaran dan perilaku ramah lingkungan mahasiswa di kampus. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 260-275.

Suryanda, A., Ryansyah, A., & Ernawati, E. (2019). Hubungan antara ecoliteracy dan willingness to pay mahasiswa biologi untuk membawa school lunch. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3(1), 11-17.

Vicente-Molina, M. A., Fernández-Sáinz, A., & Izagirre-Olaizola, J. (2013). Environmental knowledge and other variables affecting pro-environmental behaviour: comparison of university students from emerging and advanced countries. Journal of Cleaner Production, 61, 130-138.

Wiharyanto, O., Titik, I., & Nur, F. S. (2012). Optimalisasi sistem pengelolaan sampah di lingkungan kampus universitas diponegoro: upaya menuju undip eco-campus. Teknik, 33(2), 82-85.

Yuniawan, T., Masrukhi, M., & Alamsyah, A. (2014). Sikap mahasiswa terhadap ungkapan pelestarian lingkungan di kampus konservasi: kajian ekolinguistik di universitas negeri semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(1), 67-76.

Downloads

Published

2024-09-17

Issue

Section

Articles