Peningkatan Hasil Belajar Stokiometri pada Kuliah Kimia Dasar Menggunakan Pendekatan Flipped Classroom

Authors

  • Stefan Marco Rumengan Universitas Negeri Manado
  • Chaleb Paul Maanari Universitas Negeri Manado
  • Aisyiah Restutiningsih Putri Utami Universitas Negeri Manado
  • Mustapa Mustapa Universitas Negeri Manado
  • Miftahul Jannah Universitas Negeri Manado
  • Vlagia Indira Paat Universitas Negeri Manado
  • Varisky Abraham Dumanauw Universitas Negeri Manado
  • Jeanne Maria Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Marlina Karundeng Universitas Negeri Manado
  • Yana Sambeka Politeknik Negeri Nusa Utara

Keywords:

flipped classroom, hasil belajar, kimia dasar, stokiometri

Abstract

Flipped classroom merupakan pendekatan pembelajaran di mana isi materi dan keterampilan yang biasanya diajarkan selama sesi kelas disampaikan di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom pada materi stokiometri dalam kuliah kimia dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 35 mahasiswa kelas A di program studi pendidikan matematika Universitas Negeri Manado (Unima). Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dengan memberikan pretest sebelum proses perkuliahan dan posttest setelah proses perkuliahan dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa pada pretest adalah 49,33, sedangkan pada posttest meningkat menjadi 87,33. Pengujian N-Gain score menunjukkan skor sebesar 77%, yang masuk dalam kategori efektif dan tinggi. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model flipped classroom secara efektif dan signifikan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi stokiometri dalam kuliah kimia dasar di program studi pendidikan matematika Unima.

References

Aidoo, B., Macdonald, M. A., Vesterinen, V.-M., Pétursdóttir, S., & Gísladóttir, B. (2022). Transforming teaching with ict using the flipped classroom approach: dealing with covid-19 pandemic. Education Sciences, 12(6), 421-432.

Antara, M., Tani, D., & Kumajas, J. (2023). Pendekatan model pembelajaran flipped classroom dengan media video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi stoikiometri di sma negeri 3 manado. General Chemistry Journal, 1(2), 55-60.

Ardila, M., & Sudrajat, A. (2023). Pemanfaatan aplikasi quizizz untuk meningkatan hasil belajar mahasiswa pada pengajaran stoikiometri. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(2), 102-111.

Bergmann, J., & Sams, A. (2023). Flip your classroom: Reaching every student in every class every day (Revised edition). Portland, Oregon: International Society for Technology in Education.

Dewi, C. A., Afrahamiryano, Inayah, S., Purba, L. S. L., & Awaliyah, N. (2023). Student perceptions of online-based chemistry learning implementation during the covid-19 pandemic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4827-4835.

Divjak, B., Rienties, B., Iniesto, F., Vondra, P., & Žižak, M. (2022). Flipped classrooms in higher education during the COVID-19 pandemic: Findings and future research recommendations. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(1), 9-32.

Elkhatat, A. M., & Al-Muhtaseb, S. A. (2021). Hybrid online-flipped learning pedagogy for teaching laboratory courses to mitigate the pandemic COVID-19 confinement and enable effective sustainable delivery: Investigation of attaining course learning outcome. SN Social Sciences, 1(5), 113-128.

Gazali, Z., & Andriani, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa program studi pendidikan biologi pada materi stoikiometri. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1017-1021.

Kemdikbud. (2020). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 3 tahun 2020 tentang standar nasional pendidikan tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mariyana, R. (2020). Pengembangan desain model pembelajaran virtual flipped classroom. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(2), 150-156.

Oktarina, R., Ambiyar, A., & Fhadillah, F. (2020). Penerapan flipped classroom pada mata kuliah kimia dasar untuk meningkatkan self-regulated learning belajar mahasiswa. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 26(2), 483-492.

Paulus, C. S., Tengker, S. M., & Tuerah, J. M. (2023). Pengembangan media pembelajaran wordwall pada pelajaran kimia materi hukum dasar kimia di sma kr. eben haezar manado. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 5(2), 92-97.

Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, Muh. N. F., … Auliyah, A. (2020). Studi eksplorasi pembelajaran pendidikan ipa saat masa pandemi covid-19 di uin sunan ampel surabaya. Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), 1(1), 32-36.

Rondonuwu, J., & Lombok, J. Z. L. (2022). Penerapan blended learning berbasis zoom cloud meeting untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 4(1), 54-58.

Rumengan, S. M., Akbar, J. S., Sambeka, Y., & Paat, V. I. (2023). Penerapan flipped classroom dalam peningkatan hasil belajar ikatan kimia pada kuliah kimia dasar. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 5(2), 139-143.

Sampe, A., & Rumondor, D. (2023). Penerapan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan asam basa kelas xi di sma negeri 1 langowan. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 5(2), 40-45.

Sasindua, R., Rampe, M. J., & Karundeng, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran anchored instruction terhadap hasil belajar siswa. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 2(1), 23-28.

Simangunsong, A. D. B., & Pane, E. P. (2021). Pengembangan modul kimia dasar berbasis discovery learning pada materi stoikiometri. Edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 3(6), 4415-4425.

Sinaga, K. (2017). Penerapan flipped classroom pada mata kuliah kimia dasar untuk meningkatkan self-regulated learning belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 1932-1944.

Widyasari, F., Masykuri, M., Mahardiani, L., Saputro, S., & Yamtinah, S. (2022). Measuring the effect of subject-specific pedagogy on tpack through flipped learning in e-learning classroom. International Journal of Instruction, 15(3), 1007-1030.

Winda, S., Saadi, P., & Winarti, A. (2020). Implementasi problem based learning berkonteks lahan basah pada materi stoikiometri. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(3), 97-105.

Downloads

Published

2024-09-17

Issue

Section

Articles