Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media Power of Vision Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pernapasan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.1270Keywords:
student team achievement division, media power of vision, hasil belajarAbstract
Proses pembelajaran IPA saat ini masih terfokus pada guru dimana belum menggunakan model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa merasa bosan ketika belajar dan berpengaruh terhadap hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division< em> STAD berbantuan media Power of Vision< em> PV terhadap hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia dengan menggunakan metode quasi experimental design< em> dan desain penelitian nonequivalent control group design< em> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling< em> dan terambil 2 kelas dengan jumlah masing masing 20 siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest< em> sebelum proses pembelajaran dilaksanakan dan posttest< em> setelah proses pembelajaran dilaksanakan Hasil penelitian diperoleh berupa nilai rata rata hasil posttest< em> kelas eksperimen adalah 87 sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata rata hasil posttest< em> adalah 76 Setelah di uji hipotesis uji t diperoleh hasil thitung< sub> = 4 60 gt; ttabel< sub> = 1 685 maka H0< sub> ditolak dan Ha< sub> diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model STAD berbantuan media PV lebih tinggi dibandingkan dengan rata rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional < p>
References
Chasanah U U Sinon I L Widyaningsih S W 2016 Penerapan model kooperatif tipe STAD Student Team Achivement Divisions dengan media peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IX A SMP Negeri 19 Manokwari Pancaran Pendidikan 5 2 25 38
Daga A T Yoksiana 2020 Pengaruh Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions STAD terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Aloysius Bandung VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA 1 1 7 18
Fatdha S E Alamsyah M 2020 Penerapan metode Student Teams Achievement Division STAD dalam media pembelajaran multimedia kreatif Jurnal Teknologi Dan Open Source 3 2 284 297
Laa N Winata H Meilani R I 2017 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap minat belajar siswa Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran JPManper 2 2 251 260
Nurrita T 2018 Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa MISYKAT: Jurnal Ilmu ilmu Al Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah 3 1 171 210
Paat M Kawuwung F R Mokalu Y B 2021 Penerapan LKS model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi SMPN 5 Tondano JISIP Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 5 2 469 476
Saadah F Y Susanti L Y 2020 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ipa kelas VII MTs Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education 1 2 81 90
Sugiyono 2016 Metode penelitian pendidikan Bandung: Alfabeta
Tafonao T 2018 Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa Jurnal Komunikasi Pendidikan 2 2 103 114
Ulfayana U 2018 Efektivitas Penggunaan media berdasarkan teori belajar Edgar Dale terhadap peningkatan hasil belajar fikih di MTs Negeri 2 Bulukumba Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
