Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media Power of Vision Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pernapasan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.1270Keywords:
student team achievement division, media power of vision, hasil belajarAbstract
Proses pembelajaran IPA saat ini masih terfokus pada guru, dimana belum menggunakan model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa merasa bosan ketika belajar dan berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media Power of Vision (PV) terhadap hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia, dengan menggunakan metode quasi experimental design dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan terambil 2 kelas dengan jumlah masing-masing 20 siswa, kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan dan posttest setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian diperoleh berupa nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah 87 sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata hasil posttest adalah 76. Setelah di uji hipotesis (uji-t) diperoleh hasil thitung = 4,60 > ttabel = 1,685 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model STAD berbantuan media PV lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
References
Chasanah, U. U., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2016). Penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Divisions) dengan media peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IX A SMP Negeri 19 Manokwari. Pancaran Pendidikan, 5(2), 25-38.
Daga, A. T. & Yoksiana. (2020). Pengaruh Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Aloysius Bandung. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 7-18.
Fatdha, S. E., & Alamsyah, M. (2020). Penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dalam media pembelajaran multimedia kreatif. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(2), 284-297.
Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 251-260.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.
Paat, M., Kawuwung, F. R., & Mokalu, Y. B. (2021). Penerapan LKS model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi SMPN 5 Tondano. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2), 469-476.
Saadah, F. Y., & Susanti, L. Y. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ipa kelas VII MTs. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 81-90.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Ulfayana, U. (2018). Efektivitas Penggunaan media berdasarkan teori belajar Edgar Dale terhadap peningkatan hasil belajar fikih di MTs Negeri 2 Bulukumba. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Lisnawati Safitri, Jovialine A. Rungkat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.