Analisis Keterampilan Metakognitif IPA Siswa Kelas VIII di SMP Katolik Barto Mangaran
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.1417Keywords:
keterampilan metakognitif siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan metakognitif IPA siswa kelas VIII di SMP Katolik Barto Mangaran yang berlokasi di Kepulauan Kabaruan, Kabupaten Kepulauan Talaud. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif eksploratif. Populasinya adalah seluruh siswa SMP Katolik Barto Mangaran tahun ajaran 2020/2021, sedangkan sampel penelitian adalah 17 siswa kelas VIII. Sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket keterampilan metakognitif yang diadaptasi dari Schraw & Dennison. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata keterampilan metakognitif siswa sebesar 30,76 dengan persentase 48,07%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan metakognitif siswa kelas VIII di SMP Katolik Barto Mangaran berada pada kategori sedang.
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Eriawati, E., & Khairil, K. (2013). Aplikasi metakognitif dalam keterampilan monitoring pada konsep ekosistem. Jurnal EduBio Tropika, 1(1), 51-56.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Riduwan & Kuncoro, E. A. (2017). Cara menggunakan dan memakai path analysis (analisis jalur). Bandung: Alfabeta.
Risnanosanti, R. (2008). Kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 86-98.
Schraw, G., & Dennison, R. S. (1994). Assessing metacognitive awareness. Contemporary Educational Psychology, 19(4), 460-475.
Siregar, S. (2019). Analisis keterampilan metakognitif dan sikap ilmiah siswa melalui metode pembelajaran inkuiri. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 7(2), 141-145.
Sudjana, D., & Wijayanti, I. E. (2018). Analisis keterampilan metakognitif pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan melalui model pembelajaran pemecahan masalah. EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan, 3(2), 206-221.
Sumampouw, H. M. (2011). Kajian perkuliahan dan asesmen genetika dalam memberdayakan keterampilan metakognitif, berpikir tinggkat tinggi, keterampilan proses sains, dan daya retensi mahasisiwa jurusan biologi S1 dan S2 Universitas Negeri Malang. Disertasi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Warouw, Z. W. M. (2016). Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Metakognitif (RTM) yang memberdayakan keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2): 162-171.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Aprilyanto Totopandey, Ni Wayan Suriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.