Analisis Keterampilan Metakognitif IPA Siswa Kelas VIII di SMP Katolik Barto Mangaran
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.1417Keywords:
keterampilan metakognitif siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan metakognitif IPA siswa kelas VIII di SMP Katolik Barto Mangaran yang berlokasi di Kepulauan Kabaruan Kabupaten Kepulauan Talaud Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif eksploratif Populasinya adalah seluruh siswa SMP Katolik Barto Mangaran tahun ajaran 2020 2021 sedangkan sampel penelitian adalah 17 siswa kelas VIII Sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling< em> Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket keterampilan metakognitif yang diadaptasi dari Schraw amp; Dennison Teknik analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini Hasil penelitian menunjukkan skor rata rata keterampilan metakognitif siswa sebesar 30 76 dengan persentase 48 07 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan metakognitif siswa kelas VIII di SMP Katolik Barto Mangaran berada pada kategori sedang < p>
References
Arikunto S 2013 Dasar dasar evaluasi pendidikan Jakarta: Bumi Aksara
Eriawati E Khairil K 2013 Aplikasi metakognitif dalam keterampilan monitoring pada konsep ekosistem Jurnal EduBio Tropika 1 1 51 56
Kemendikbud 2016 Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Riduwan Kuncoro E A 2017 Cara menggunakan dan memakai path analysis analisis jalur Bandung: Alfabeta
Risnanosanti R 2008 Kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 4 1 86 98
Schraw G Dennison R S 1994 Assessing metacognitive awareness Contemporary Educational Psychology 19 4 460 475
Siregar S 2019 Analisis keterampilan metakognitif dan sikap ilmiah siswa melalui metode pembelajaran inkuiri BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan 7 2 141 145
Sudjana D Wijayanti I E 2018 Analisis keterampilan metakognitif pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan melalui model pembelajaran pemecahan masalah EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan 3 2 206 221
Sumampouw H M 2011 Kajian perkuliahan dan asesmen genetika dalam memberdayakan keterampilan metakognitif berpikir tinggkat tinggi keterampilan proses sains dan daya retensi mahasisiwa jurusan biologi S1 dan S2 Universitas Negeri Malang Disertasi Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Warouw Z W M 2016 Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Metakognitif RTM yang memberdayakan keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa SMP Jurnal Ilmu Pendidikan 17 2 : 162 171
