Motivasi Berprestasi Mahasiswa dalam Bichronous Online Learning saat Pandemik COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.1445Keywords:
motivasi berprestasi, bichronous, pembelajaranAbstract
Pandemik COVID 19 cukup mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID 19 maka pemerintah dan praktisi pendidikan mencari solusi untuk kegiatan pembelajaran Bichronous online learning< em> banyak diimplementasikan dalam pembelajaran saat pandemik COVID 19 Namun pembelajaran seperti ini berdampak kepada kesehatan mental pelajar sampai dapat menurunkan motivasi belajar Dalam penelitian ini peneliti menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan informasi tentang motivasi berprestasi mahasiswa dalam bichronous online learning< em> Kuesioner terdiri dari 72 butir pernyataan dan responden terdiri dari 27 mahasiswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi mahasiswa dalam bichronous online learning< em> terdapat pada kategori cukup Disimpulkan bahwa pembelajaran daring bichronous< em> tidak menyurutkan motivasi berprestasi mahasiswa namun tidak pula meningkatkan motivasi berprestasi mereka < p>
References
Cao W Fang Z Hou G Han M Xu X Dong J Zheng J 2020 The psychological impact of the COVID 19 epidemic on college students in China Psychiatry research 287 112934
Cole M S Feild H S Harris S G 2004 Student learning motivation and psychological hardiness: Interactive effects on students reactions to a management class Academy of Management Learning Education 3 1 64 85
Djiwandono S E W 1989 Psikologi Pendidikan Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
Gage N L Berliner D C 1984 Educational Psychology 3rd ed Boston: Houghton Mifflin
Martin F Polly D Ritzhaupt A 2020 Bichronous Online Learning: Blending Asynchronous and Synchronous Online Learning Diakses 11 Juni 2021 dari https: er educause edu articles 2020 9 bichronous online learning blending asynchronous and synchronous online learning
Muilenburg L Y Berge Z L 2005 Student barriers to online learning: A factor analytic study Distance education 26 1 29 48
Ozkara B O Cakir H 2018 Participation in online courses from the students perspective Interactive Learning Environments 26 7 924 942
Rahiem M D 2021 Remaining motivated despite the limitations: University students learning propensity during the COVID 19 pandemic Children and youth services review 120 105802
Sukmadinata N S 2005 Landasan Psikologi Proses Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Uno H B 2007 Teori Motivasi dan Pengukurannya Jakarta: Bumi Aksara
