Motivasi Berprestasi Mahasiswa dalam Bichronous Online Learning saat Pandemik COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.1445Keywords:
motivasi berprestasi, bichronous, pembelajaranAbstract
Pandemik COVID-19 cukup mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia. Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 maka pemerintah dan praktisi pendidikan mencari solusi untuk kegiatan pembelajaran. Bichronous online learning banyak diimplementasikan dalam pembelajaran saat pandemik COVID-19. Namun pembelajaran seperti ini berdampak kepada kesehatan mental pelajar sampai dapat menurunkan motivasi belajar. Dalam penelitian ini peneliti menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan informasi tentang motivasi berprestasi mahasiswa dalam bichronous online learning. Kuesioner terdiri dari 72 butir pernyataan dan responden terdiri dari 27 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi mahasiswa dalam bichronous online learning terdapat pada kategori cukup. Disimpulkan bahwa pembelajaran daring bichronous tidak menyurutkan motivasi berprestasi mahasiswa, namun tidak pula meningkatkan motivasi berprestasi mereka.
References
Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry research, 287, 112934.
Cole, M. S., Feild, H. S., & Harris, S. G. (2004). Student learning motivation and psychological hardiness: Interactive effects on students' reactions to a management class. Academy of Management Learning & Education, 3(1), 64-85.
Djiwandono, S. E. W. (1989). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Gage, N. L., & Berliner, D. C. (1984). Educational Psychology (3rd ed.). Boston: Houghton Mifflin.
Martin, F., Polly, D., & Ritzhaupt, A. (2020). Bichronous Online Learning: Blending Asynchronous and Synchronous Online Learning. Diakses 11 Juni 2021, dari https://er.educause.edu/articles/2020/9/bichronous-online-learning-blending-asynchronous-and-synchronous-online-learning
Muilenburg, L. Y., & Berge, Z. L. (2005). Student barriers to online learning: A factor analytic study. Distance education, 26(1), 29-48.
Ozkara, B. O., & Cakir, H. (2018). Participation in online courses from the students’ perspective. Interactive Learning Environments, 26(7), 924-942.
Rahiem, M. D. (2021). Remaining motivated despite the limitations: University students’ learning propensity during the COVID-19 pandemic. Children and youth services review, 120, 105802.
Sukmadinata, N. S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yana Sambeka, Hardin F. Rares
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.