Respon Mahasiswa IPA IAIN Ponorogo terhadap Pembelajaran Daring Bioteknologi melalui PjBL dengan Konteks Berpikir Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.2886Keywords:
pembelajaran daring, bioteknologi, project based learning, berpikir kreatifAbstract
Pembelajaran daring memiliki banyak tantangan tanpa terkecuali pada mata kuliah Bioteknologi di IAIN Ponorogo. Bioteknologi merupakan pemanfaatan makhluk hidup yang direkayasa untuk dapat meningkatkan kesejahteraan manusia. Ketika pembelajaran daring sulit untuk melakukan pembelajaran secara efektif. Salah satu model yang sesuai untuk diterapkan ketika pembelajaran daring yaitu Project Based Learning (PjBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penerapan model yang sesuai ketika pembelajaran daring dapat memaksimalkan hasil dari kegiatan belajar mengajar khususnya kemampuan berpikir peserta didik. Penggunaan model pembelajaran yang tepat juga dapat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan khususnya ketika masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran PjBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa IPA di IAIN Ponorogo dilihat dari indikator kreativitas berupa kelancaran dalam berpikir (fluency), keluwesan (flexibility), elaborasi (ellaboration), dan orgininalitas (originality). Mahasiswa IPA mampu menemukan ide-ide baru terkait produk bioteknologi mulai dari olahan makanan hingga pertanian. Keberhasilan mahasiswa IPA dalam membuat produk olahan bioteknologi memberikan mereka ide untuk mengembangkannya dalam bidang wirausaha dan penelitian lanjutan untuk kedepannya.
References
Antika, R. N., & Nawawi, S. (2017). Pengaruh model project based learning pada mata kuliah seminar terhadap keterampilan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 72-79.
Budiana, I. M., Manuaba, I. B. S., & Suadnyana, I. N. (2016). Model project based learning berbantuan media KIT IPA meningkatkan hasil belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1-12.
Chasanah, A. R. U., Khoiri, N., & Nuroso, H. (2016). Efektivitas model project based learning terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan kalor kelas X SMAN 1 Wonosegoro tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 19-24.
Farihatun, S. M., & Rusdarti, R. (2019). Keefektifan pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635-651.
Fuad, F. (2004). Perlindungan keanekaragaman hayati indonesia dari dampak negatif pengembangan produk bioteknologi pertanian modern. Lex Jurnalica, 1(3), 143-157.
Harahap, S. (2020). Identifikasi kreativitas siswa terhadap mata pelajaran IPA. Integrated Science Education Journal (ISEJ), 1(1), 16-22.
Ismayani, A. (2016). Pengaruh penerapan STEM project-based learning terhadap kreativitas matematis siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264-272.
Kemendikbud. (2014). Permendikbud RI Nomor 103 Tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 35 Tahun 2018 tentang perubahan atas Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Machin, A. (2012). Pengembangan model pembelajaran bioteknologi bervisi kewirausahaan di sekolah menengah atas. Bioedukasi, 5(2), 50-60.
Marlinda, N. L. P. M. (2020, November). Metode eksperimen berbantuan media phet dengan model pembelajaran PjBL. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (p. 295-300). Universitas Dhyana Pura.
Mulyadi, E. (2015). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kinerja dan prestasi belajar fisika siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385-395.
Noviyana, H. (2017). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Jurnal e-DuMath, 3(2), 110-117.
Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166-183.
Siswono, T. Y. E. (2016, August). Berpikir kritis dan berpikir kreatif sebagai fokus pembelajaran matematika. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (1st SENATIK) (pp. 11-26). FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Eni Lestari, Rahmi Faradisya Ekapti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.