Respon Mahasiswa IPA IAIN Ponorogo terhadap Pembelajaran Daring Bioteknologi melalui PjBL dengan Konteks Berpikir Kreatif

Authors

  • Eni Lestari IAIN Ponorogo
  • Rahmi Faradisya Ekapti IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.2886

Keywords:

pembelajaran daring, bioteknologi, project based learning, berpikir kreatif

Abstract

Pembelajaran daring memiliki banyak tantangan tanpa terkecuali pada mata kuliah Bioteknologi di IAIN Ponorogo Bioteknologi merupakan pemanfaatan makhluk hidup yang direkayasa untuk dapat meningkatkan kesejahteraan manusia Ketika pembelajaran daring sulit untuk melakukan pembelajaran secara efektif Salah satu model yang sesuai untuk diterapkan ketika pembelajaran daring yaitu Project Based Learning< em> PjBL Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif Teknik pengumpulan dilakukan dengan menggunakan kuesioner Penerapan model yang sesuai ketika pembelajaran daring dapat memaksimalkan hasil dari kegiatan belajar mengajar khususnya kemampuan berpikir peserta didik Penggunaan model pembelajaran yang tepat juga dapat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan khususnya ketika masa pandemi Covid 19 Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran PjBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa IPA di IAIN Ponorogo dilihat dari indikator kreativitas berupa kelancaran dalam berpikir fluency< em> keluwesan flexibility< em> elaborasi ellaboration< em> dan orgininalitas originality< em> Mahasiswa IPA mampu menemukan ide ide baru terkait produk bioteknologi mulai dari olahan makanan hingga pertanian Keberhasilan mahasiswa IPA dalam membuat produk olahan bioteknologi memberikan mereka ide untuk mengembangkannya dalam bidang wirausaha dan penelitian lanjutan untuk kedepannya < p>

References

Antika R N Nawawi S 2017 Pengaruh model project based learning pada mata kuliah seminar terhadap keterampilan berpikir kreatif mahasiswa Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 3 1 72 79

Budiana I M Manuaba I B S Suadnyana I N 2016 Model project based learning berbantuan media KIT IPA meningkatkan hasil belajar IPA Mimbar PGSD Undiksha 4 1 1 12

Chasanah A R U Khoiri N Nuroso H 2016 Efektivitas model project based learning terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan kalor kelas X SMAN 1 Wonosegoro tahun pelajaran 2014 2015 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 7 1 19 24

Farihatun S M Rusdarti R 2019 Keefektifan pembelajaran project based learning PJBL terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar Economic Education Analysis Journal 8 2 635 651

Fuad F 2004 Perlindungan keanekaragaman hayati indonesia dari dampak negatif pengembangan produk bioteknologi pertanian modern Lex Jurnalica 1 3 143 157

Harahap S 2020 Identifikasi kreativitas siswa terhadap mata pelajaran IPA Integrated Science Education Journal ISEJ 1 1 16 22

Ismayani A 2016 Pengaruh penerapan STEM project based learning terhadap kreativitas matematis siswa SMK Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education 3 4 264 272

Kemendikbud 2014 Permendikbud RI Nomor 103 Tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemendikbud 2018 Permendikbud RI Nomor 35 Tahun 2018 tentang perubahan atas Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP MTs Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Machin A 2012 Pengembangan model pembelajaran bioteknologi bervisi kewirausahaan di sekolah menengah atas Bioedukasi 5 2 50 60

Marlinda N L P M 2020 November Metode eksperimen berbantuan media phet dengan model pembelajaran PjBL In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi Sains dan Sosial Humaniora SINTESA p 295 300 Universitas Dhyana Pura

Mulyadi E 2015 Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kinerja dan prestasi belajar fisika siswa SMK Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 22 4 385 395

Noviyana H 2017 Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa Jurnal e DuMath 3 2 110 117

Rahmazatullaili R Zubainur C M Munzir S 2017 Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning Beta: Jurnal Tadris Matematika 10 2 166 183

Siswono T Y E 2016 August Berpikir kritis dan berpikir kreatif sebagai fokus pembelajaran matematika In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 1st SENATIK pp 11 26 FPMIPATI Universitas PGRI Semarang

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles