Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 6 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.5895Keywords:
peta konsep, hasil belajarAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran peta konsep pada peserta didik SMP Negeri 6 Tondano dengan materi ciri-ciri makhluk hidup. Subjek penelitian ini berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil tes siklus I diperoleh sebanyak 11 orang siswa atau 53,33% tuntas dan 10 orang siswa atau 46,67% belum tuntas, kemudian pada tahap observasi mengajar guru diperoleh 76,92% (cukup) dan observasi aktivitas siswa 74,96% (cukup). Hasil tes menunjukkan siklus II 19 orang siswa atau 86,67% tuntas dan 2 orang siswa atau 13,33% yang belum tuntas, kemudian tahap observasi mencapai 86,67%. Peningkatan kemampuan hasil belajar siswa pada penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran peta konsep dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Arianti, F. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay to Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Skripsi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Arikunto, S. (2015). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asmah, S. (2021). Efektivitas penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas vii smp negeri 2 ponre kecamatan ponre kabupaten bone. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3).
Buryani. (2017). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar SiswaKelas VII Mts Nahdalatus Shaufia Wanasaba Tahun 2016/2017. Skripsi. Universitas Islam Nageri (UIN) Mataram.
Dudeliany, J. A., Mahardika, I. K., & Maryani, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai LKS Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA-Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), 254-259.
Ferry, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Mata Kuliah Evolusi. Journal on Education, 5(1), 39-46.
Khasanah, K. (2019). Peta konsep sebagai strategi meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 3(2), 152-164.
Muhimmatin, I. (2014). Penerapan tugas peta konsep dalam project-based learning (pjbl) untuk mahasiswa pendidikan biologi umm di mata kuliah sumber belajar dan media pembelajaran. Saintifika, 16(2), 30-38.
Nafia, N. (2018). Efektifitas penggunaan model pembelajaran fisika berbasis unity of science terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya kelas viii smp nurul islam semarang. Skripsi. Universitas Islam Negeri.
Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sanjaya, A. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Septiyana, K., Prasetyo, A. P. B., & Christijanti, W. (2013). Jurnal belajar sebagai strategi berpikir metakognitif pada pembelajaran sistem imunitas. Journal of Biology Education, 2(1).
Subki. (2019). Penerapan metode peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik kelas xi ipa 1 sman 1 labuhan haji. Journal Ilmiah Rinjani_Universitas Gunung Rinjani, 7(2).
Sudjana, N. (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2013). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asnawilanda Takumangsang, Metilistina Sasinggala, Meike Paat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.