Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 6 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.5895Keywords:
peta konsep, hasil belajarAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran peta konsep pada peserta didik SMP Negeri 6 Tondano dengan materi ciri ciri makhluk hidup Subjek penelitian ini berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki laki dan 10 siswa perempuan Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas PTK Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi Data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif Hasil tes siklus I diperoleh sebanyak 11 orang siswa atau 53 33 tuntas dan 10 orang siswa atau 46 67 belum tuntas kemudian pada tahap observasi mengajar guru diperoleh 76 92 cukup dan observasi aktivitas siswa 74 96 cukup Hasil tes menunjukkan siklus II 19 orang siswa atau 86 67 tuntas dan 2 orang siswa atau 13 33 yang belum tuntas kemudian tahap observasi mencapai 86 67 Peningkatan kemampuan hasil belajar siswa pada penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran peta konsep dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa < p>
References
Arianti F 2018 Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay to Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar Skripsi UIN Ar Raniry Banda Aceh
Arikunto S 2015 Penelitian tindakan kelas Jakarta: PT Bumi Aksara
Asmah S 2021 Efektivitas penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas vii smp negeri 2 ponre kecamatan ponre kabupaten bone Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 3
Buryani 2017 Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar SiswaKelas VII Mts Nahdalatus Shaufia Wanasaba Tahun 2016 2017 Skripsi Universitas Islam Nageri UIN Mataram
Dudeliany J A Mahardika I K Maryani M 2021 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah PBM disertai LKS Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA Fisika Di SMP Jurnal Pembelajaran Fisika 3 3 254 259
Ferry D 2022 Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Mata Kuliah Evolusi Journal on Education 5 1 39 46
Khasanah K 2019 Peta konsep sebagai strategi meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 3 2 152 164
Muhimmatin I 2014 Penerapan tugas peta konsep dalam project based learning pjbl untuk mahasiswa pendidikan biologi umm di mata kuliah sumber belajar dan media pembelajaran Saintifika 16 2 30 38
Nafia N 2018 Efektifitas penggunaan model pembelajaran fisika berbasis unity of science terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya kelas viii smp nurul islam semarang Skripsi Universitas Islam Negeri
Purwanto 2013 Evaluasi hasil belajar Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sanjaya A 2011 Model model Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara
Septiyana K Prasetyo A P B Christijanti W 2013 Jurnal belajar sebagai strategi berpikir metakognitif pada pembelajaran sistem imunitas Journal of Biology Education 2 1
Subki 2019 Penerapan metode peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik kelas xi ipa 1 sman 1 labuhan haji Journal Ilmiah Rinjani_Universitas Gunung Rinjani 7 2
Sudjana N 2017 Penilaian hasil proses belajar mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Trianto 2013 Mendesain model pembelajaran inovatif progresif Jakarta: Kencana
