Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.609Keywords:
think pair share, hasil belajar, aktivitas siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui penggunaan model cooperative learning tipe Think Pair Share. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Instrumen penelitian meliputi tes dan lembar observasi. Peningkatan hasil belajar dilihat dari data tes yang dilaksanakan di setiap akhir siklus (posttest 1 dan posttest 2) sedangkan peningkatan aktivitas belajar diketahui dari lembar pengamatan akivitas belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil tes menunjukkan jumlah siswa yang mencapai KKM 75 sebesar 73,33% pada posttest siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 86,66% pada posttest siklus II, sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan pada siklus I belum ada aktivitas belajar siswa yang tergolong kategori tinggi, namun pada siklus II terdapat aktivitas siswa yang tergolong kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di SMP Berea Tondano pada materi sistem peredaran darah manusia.
References
Apriliyani, B. F., Widodo, W., & Supardi, Z. I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Ketuntasan Belajar Siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 579-590.
Duha, A. K. (2012). Penerapan Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8-12.
Efendi, N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadukan Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi Siswa SMA Berkemampuan Akademik Berbeda di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 3(2), 85-109.
Kholisoh, T. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Peredaran Darah Manusia dengan Menerapkan Model Kooperatif Tipe TPS (Think Paire Share) Kelas VIIIA SMPN 13 Kota Serang. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 15(1).
Kule, K., & Wijaya, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 47-51.
Saraswati, A., Kartijono, N. E., & Partaya, P. (2020). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Sistem Sirkulasi Manusia Menggunakan Model Think Pair Share di SMAN 1 Karangrayung. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 143-156.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyono, H. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuningsih, D., & Murwani, S. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Melalui Implementasi Model Numbered Head Together pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(1), 65-71.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Novilia Nurjanah, Metilistina Sasinggala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.