Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.609

Keywords:

think pair share, hasil belajar, aktivitas siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui penggunaan model cooperative learning< em> tipe Think Pair Share< em> Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya Instrumen penelitian meliputi tes dan lembar observasi Peningkatan hasil belajar dilihat dari data tes yang dilaksanakan di setiap akhir siklus posttest< em> 1 dan posttest< em> 2 sedangkan peningkatan aktivitas belajar diketahui dari lembar pengamatan akivitas belajar siswa Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif Hasil tes menunjukkan jumlah siswa yang mencapai KKM 75 sebesar 73 33 pada posttest< em> siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 86 66 pada posttest< em> siklus II sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan pada siklus I belum ada aktivitas belajar siswa yang tergolong kategori tinggi namun pada siklus II terdapat aktivitas siswa yang tergolong kriteria tinggi Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative learning< em> tipe Think Pair Share< em> dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di SMP Berea Tondano pada materi sistem peredaran darah manusia < p>

References

Apriliyani B F Widodo W Supardi Z I 2017 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Ketuntasan Belajar Siswa JPPS Jurnal Penelitian Pendidikan Sains 4 2 579 590

Duha A K 2012 Penerapan Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Jurnal Pendidikan Matematika 1 1 8 12

Efendi N 2013 Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadukan Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi Siswa SMA Berkemampuan Akademik Berbeda di Kabupaten Sidoarjo Jurnal Santiaji Pendidikan JSP 3 2 85 109

Kholisoh T 2020 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Peredaran Darah Manusia dengan Menerapkan Model Kooperatif Tipe TPS Think Paire Share Kelas VIIIA SMPN 13 Kota Serang Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya 15 1

Kule K Wijaya H 2018 Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan JIPF Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika 3 2 47 51

Saraswati A Kartijono N E Partaya P 2020 Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Sistem Sirkulasi Manusia Menggunakan Model Think Pair Share di SMAN 1 Karangrayung Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi 9 2 143 156

Slavin R E 2005 Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik Bandung: Nusa Media

Suprijono A 2009 Cooperative Learning Teori Aplikasi PAIKEM Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suyono H 2011 Belajar dan Pembelajaran Bandung: Remaja Rosdakarya

Wahyuningsih D Murwani S 2015 Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Melalui Implementasi Model Numbered Head Together pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 3 1 65 71

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles