Pembelajaran Eksploratif Konsep dan Proses Fisika Pada Perubahan Suhu Air Laut dan Suhu Udara di Permukaan Air Laut
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6210Keywords:
pembelajaran eksploratif, suhu udara permukaan laut, suhu air lautAbstract
Fisika merupakan pelajaran yang menarik karena ada kaitannya dengan alam sekitar. Alam merupakan objek yang kompleks dan sangat kaya akan konsep dan proses fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi konsep dan proses fisika fenomena alam pada perubahan suhu udara di permukaan air laut dan suhu air laut. Kegiatan belajar dirancang untuk membangun dan meningkatkan interaksi demokratis secara berkelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan melalui dua tahapan. Tahapan pertama adalah eksplorasi objek (air laut), konsep dan proses sains dilakukan oleh tim peneliti dibawah bimbingan dosen pembimbing skripsi. Tahapan kedua adalah pembelajaran eksploratif oleh kelompok sasaran pada mahasiswa semester III difasilitasi tim peneliti. Dalam penelitian ini, tim peneliti berperan sebagai mentor yang memfasilitasi kegiatan eksplorasi kelompok sasaran. Hasil penelitian pembelajaran eksploratif ini dapat meningkatkan aktivitas belajar dan insiatif belajar terutama dengan mengintegrasikan pengalamannya saat pembelajaran di dalam kelas. Mahasiswa mengalami kesulitan pada saat awal, tapi kemudian mampu menyesuaikan setelah pendampingan dimaksimalkan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa mampu melakukan tahapan eksplorasi yang meliputi: analisis dan deskripsi, eksplorasi konsep dan proses fisis, dan Analisis sintesis-formulasi dan hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa masih perlu pembimbingan dan penguatan dalam melakukan analisis sintesis-formulasi. Kerjasama kelompok dan interaksi untuk membangun komunikasi terbuka perlu ditingkatkan.
References
Arista, F. S., & Kuswanto, H. (2018). Virtual physics laboratory application based on the android smartphone to improve learning independence and conceptual understanding. International Journal of Instruction, 11(1), 1-16.
Crowl, M., Devitt, A., Jansen, H., van Zee, E. H., & Winograd, K. J. (2013). Encouraging prospective teachers to engage friends and family in exploring physical phenomena. Journal of Science Teacher Education, 24(1), 93-110.
Gani, M. A., Tumewu, W. A., & Wola, B. R. (2022). Motivasi belajar siswa kelas vii smp anugerah tondano pada pembelajaran ipa di era pandemi covid-19. SCIENING: Science Learning Journal, 3(1), 8-13.
Haji, A. T. S., Wirosoedarmo, R., & Tyas, M. W. (2018). Analisis nomografi suhu, laju penguapan dan tekanan udara untuk perancangan alat desalinasi tenaga surya dengan pengaturan vakum. Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 4(2), 1-6.
Hardianto, D., & Ismail, N. R. (2013). Pengaruh coating paint beton cor terhadap absorbsi solar radiation. PROTON, 5(2), 10-16.
Hossain, M. F. (2016). Solar energy integration into advanced building design for meeting energy demand and environment problem. International Journal of Energy Research, 40(9), 1293-1300.
Keller, M. M., Neumann, K., & Fischer, H. E. (2017). The impact of physics teachers’ pedagogical content knowledge and motivation on students’ achievement and interest. Journal of Research in Science Teaching, 54(5), 586-614.
Mujtaba, T., & Reiss, M. J. (2013). Inequality in experiences of physics education: Secondary school girls' and boys' perceptions of their physics education and intentions to continue with physics after the age of 16. International Journal of Science Education, 35(11), 1824-1845.
Oktamuliani, S., & Samsidar, S. (2015, Mei). Pemodelan teoritik daya radiasi matahari berbasis prinsip radiasi benda hitam menggunakan pendekatan numerik integrasi simpson 3/8. In SEMIRATA 2015 (Vol. 2, No. 1, 53-61).
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purba, J. S. (2020). Unjuk kerja solarcooker type parabolic dengan diameter 100 cm tinggi 50 cm. Jurnal Ilmiah MAKSITEK, 5(2), 139-150.
Puspita, I. (2020). PhET aplication program: strategi penguatan pemahaman pembelajaran jarak jauh pada materi radiasi benda hitam melalui percobaan berbantu lab virtual dan media sosial. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 57-68.
Puspitarani, F., Sukendra, D. M., & Siwiendrayanti, A. (2017). Penerapan lampu ultraviolet pada alat perangkap lalat terhadap jumlah lalat rumah terperangkap. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 1(3), 151-161.
Saputra, T. B. R. E., Nur, M., & Purnomo, T. (2019). Pengembangan pembelajaran inkuiri berbantuan PhET untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. JSEP (Journal of Science Education and Practice), 1(1), 20-31.
Silangen, P. M., & Medellu, C. S. (2019). Reflective question in explorative learning: model HOTL-DI–A and B. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(11), 489-498.
Suriani, N. W., Wola, B. R., & Komansilan, A. (2022). Development of biological macromolecules three-tier test (BM-3T) to identify misconceptions of prospective science teachers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 1798-1805.
Tulandi, D. A. (2020). The evaluation of students’ procedural knowledge ability and identifying, analyzing, classifying the subject matters of high school physics textbook in tiered task-1. International Journal of Contemporary Applied Researches, 7(1), 38-45.
Warouw, Z. W. M., Medellu, C., Makahinda, T., & Runtu, V. P. (2019, October). Facilitation of democratic learning activities through mentoring. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1317, No. 1, p. 012209). IOP Publishing.
Warouw, Z. W. M., Boyong, F. A., Suriani, N. W., Wowor, E. C., & Tumewu, W. A. (2023). The effect of outdoor study method based on democratic learning in improving junior high students’ learning outcomes in science subject. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 527-533.
Wola, B. R., Ibrahim, M., & Purnomo, T. (2020). Development of a four-tier multiple-choice test on the concept of transport across membranes. SEJ (Science Education Journal), 4(2), 77-97.
Wola, B. R., Rungkat, J. A., & Harindah, G. M. D. (2023). Science process skills of prospective science teachers' in practicum activity at the laboratory. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 9(1), 50-61.
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek untuk melatihkan keterampilan proses mahasiswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247-254.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jeane Rende, Djeli Alvi Tulandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.