Evaluasi Kemampuan Mahasiswa Mengembangkan Materi Buku Ajar Fisika SMA melalui Tugas Berjenjang dalam Mata Kuliah Kajian Fisika Sekolah 1

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6212

Keywords:

tugas berjenjang, pengembangan, buku ajar

Abstract

Tugas berjenjang adalah tugas perkuliahan yang dilaksanakan secara berkesinambungan dari semester ke semester melalui berbagai mata kuliah strategis yang didukung mata kuliah lain Penelitian ini bertujuan untuk 1 mengevaluasi proses mengembangkan materi pembelajaran fisika menggunakan beberapa buku ajar; 2 mengevaluasi kemampuan capaian dan hambatan mahasiswa dalam mengembangkan materi pokok bahasan fisika menurut karakteristik materi; dan 3 mengevaluasi persepsi mahasiswa terhadap materi dan kegiatan tugas berjenjang 1 Subjek penelitian ini adalah 68 mahasiswa semester V program studi pendidikan fisika tahun ajaran 2020 2021 Rancangan penelitian ini adalah penelitian analitik deskriptif dengan desain penelitian menggunakan treatment by subject< em> Data penelitian diambil dari 4 kelompok mahasiswa yang membahas topik gaya usaha amp; energi impuls amp; momentum dan fluida Berdasarkan persentase menurut kategori variabel dan wawancara hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 kelompok mahasiswa dapat mengembangkan materi dari pertemuan awal hingga menghasilkan bahan ajar; 2 kelompok mahasiswa mengalami kesulitan dalam proses mengembangkan materi karena rendahnya pemahaman materi dan kurangnya kerjasama anggota kelompok Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dapat mengembangkan materi pembelajaran fisika kurangnya penguasaan kelompok mengenai materi pokok bahasan fisika menurut karakteristik materi persepsi mahasiswa mengenai materi dan kegiatan tugas berjenjang 1 ini baik karena dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa serta meningkatkan kerjasama antara anggota kelompok < p>

References

Astiti K A 2019 Pengembangan bahan ajar fisika sma berbasis kontekstual pada materi suhu dan kalor Jurnal Pembelajaran Sains 3 1 29 34

Cook T D Campbell D T 1979 Quasi experimentation: design and analysis issues for field settings Boston: Houghton Mifflin

Fatmaryanti S D 2017 Agustus Pengintegrasian budaya lokal dengan fisika melalui pembelajaran multi representasi In Prosiding SNPF Seminar Nasional Pendidikan Fisika pp 18 21

Fitrianti L 2018 Prinsip kontinuitas dalam evaluasi proses pembelajaran Al Ishlah: Jurnal Pendidikan 10 1 89 102

Gani M A Tumewu W A Wola B R 2022 Motivasi belajar siswa kelas vii smp anugerah tondano pada pembelajaran ipa di era pandemi covid 19 SCIENING: Science Learning Journal 3 1 8 13

Gunada I W Rokhmat J Hikmawati H Kesipudin K 2017 Pengembangan bahan ajar kompilasi fisika matematika II pokok bahasan persamaaan diferensial untuk meningkatkan penalaran matematis Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 3 2 216 227

Kim M Cheong Y Song J 2018 The meanings of physics equations and physics education Journal of the Korean Physical Society 73 2 145 151

Lederman N G Antink A Bartos S 2014 Nature of science scientific inquiry and socio scientific issues arising from genetics: A pathway to developing a scientifically literate citizenry Science Education 23 2 285 302

Li X Tan Z Shen J Hu W Chen Y Wang J 2020 Analysis of five junior high school physics textbooks used in china for representations of nature of science Research in Science Education 50 3 833 844

Mumpuni A 2018 Integrasi nilai karakter dalam buku pelajaran: Analisis konten buku teks kurikulum 2013 Yogyakarta: Deepublish

Rahmawati G 2015 Buku teks pelajaran sebagai sumber belajar siswa di perpustakaan sekolah di sman 3 bandung EduLib 5 1 102 113

Setiono I Tadeus D Y 2018 Hubungan antara mata kuliah fisika terapan dalam kontribusinya terhadap mata kuliah keahlian pada mahasiswa program diploma iii teknik elektro sekolah vokasi universitas diponegoro Gema Teknologi 20 1 6 9

Silangen P 2015 Model pengembangan danau linow sebagai lab alam prodi fisika konsentrasi geothermal fmipa unima [Laporan penelitian tidak dipublikasikan] Universitas Negeri Manado

Sugrah N 2019 Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains Humanika Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 19 2 121 138

Suriani N W Wola B R Komansilan A 2022 Development of biological macromolecules three tier test BM 3T to identify misconceptions of prospective science teachers Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 8 4 1798 1805

Tandililing E 2016 Pengembangan mathematical maple berbasis kooperatif think pair share untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis mahasiswa dan kualitas perkuliahan fisika matematik Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA 6 1 45 56

Tulandi D A 2016 The evaluation of students procedural knowledge ability and identifying analyzing classifying the subject matters of high school physics textbook in tiered task 1 IRA International Journal of Education Multidisciplinary Studies 5 2 58 65

Warouw Z W M Boyong F A Suriani N W Wowor E C Tumewu W A 2023 The effect of outdoor study method based on democratic learning in improving junior high students learning outcomes in science subject Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 2 527 533

Wola B R Ibrahim M Purnomo T 2020 Development of a four tier multiple choice test on the concept of transport across membranes SEJ Science Education Journal 4 2 77 97

Wola B R Rungkat J A Harindah G M D 2023 Science process skills of prospective science teachers in practicum activity at the laboratory Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 9 1

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles