Implementasi Project Based Learning Menggunakan Aplikasi Tracker pada Gerak Dua Dimensi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6618

Keywords:

project based learning, tracker, gerak dua dimensi

Abstract

Penggunaan model dan media pembelajaran yang tepat merupakan faktor utama yang mempengaruhi penguasaan konsep peserta didik Salah satu media yang dapat digunakan adalah tracker Aplikasi tracker merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk menganalisis fenomena fenomena fisika seperti fenomena gerak dua dimensi Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas implementasi project based learning< em> menggunakan aplikasi tracker pada materi gerak dua dimensi Metode penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design< em> Penguasaan konsep diukur menggunakan uji gain terhadap hasil pretest< em> dan posttest< em> Faktor gain yang didapatkan pada setiap aspek kognitif peserta didik yaitu 0 37 untuk aspek mengingat C1 0 10 untuk aspek memahami C2 0 16 untuk aspek menerapkan C3 dan 0 46 untuk aspek menganalisis C4 Berdasarkan hasil ini dapat dikatakan bahwa implementasi project based learning< em> menggunakan aplikasi tracker cukup efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep gerak dua dimensi peserta didik < p>

References

Amiruddin M Z B 2022 Eksplorasi konsep fisika pada permainan lempar bola secara vertikal dengan bantuan aplikasi tracker Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains JPPSI 5 1 60 67

Anissofira A Latief F D E Sinaga P 2016 Analisis gerak roller coaster menggunakan tracker dengan pendekatan multi modus representasi sebagai sarana siswa memahami konsep kinematika In SKF 2016 Proceedings Institut Teknologi Bandung

Arikunto S 2010 Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik Jakarta: Rineka Cipta

Asyhar R 2011 Kreatif mengembangkan media pembelajaran Jakarta: Gaung Persada Press

Daryanto 2014 Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013 Yogyakarta: Gava Media

Eimirilleikbeiraney 2022 Pengaruh pembelajaran daring berpraktikum menggunakan media analisis tracker pada materi gerak parabola berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Lampung

Fadholi L Harijanto A Lesmono A D 2018 Analisis video kejadian fisika dengan software tracker sebagai rancangan bahan ajar momentum dan impuls untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa SMA kelas X Jurnal Pembelajaran Fisika 7 3 263 270

Faujiah N Septiani S N Putri T Setiawan U 2022 Kelebihan dan kekurangan jenis jenis media Jutkel: Jurnal Telekomunikasi Kendali dan Listrik 3 2 81 87

Fitrianingrum A M Sarwi Astuti B 2017 Penerapan instrumen three tier test untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi keseimbangan benda tegar Jurnal Phenomenon 7 2 88 98

Hake R 2002 Lessons from the physics education reform effort Conservation Ecology 5 2 1 61

Irbah A Asrizal 2019 Pembuatan tool pemodelan eksperimen gerak parabola dengan pengaturan sudut elevasi untuk analisis video tracker Pillar of Physics 12 2 9 16

Kinchin J 2016 Using tracker to prove the simple harmonic motion equation IOP Publishing Physics Education 51 5 1 2

Krathwohl D R 2002 A revision of bloom s taxonomy an overview Theory of into Practice 41 4 212 264

Meltzer D A 2002 The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: a possible hidden variable in diagnostic pretest scores Am J Phys 70 12 1259 1268

Pacific Education Institute 2011 Project based learning model relevant learning for the 21st century Diakses 15 Mei 2023 dari https: pacificeducationinstitute org wp content uploads Project 20based 20Learning 20Model_Guide_FINAL pdf

Pee S H Leong H 2005 Implementing Project based learning using CDIO conceps In 1st Annual CDIO Conference Queen s University Canada: Queen University

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Pribadi B A 2011 Model assure untuk mendesain pembelajaran sukses Jakarta: Dian Rakyat

Sirisathitkul C Glawtanong P Eadkong T Sirisathitkul Y 2013 Digital video analysis of falling objects in air and liquid using tracker Revista Brasileira de Ensino de Fisica 35 1 1504 1 1504 6

Smaldino S E Lowther D L Russell J D 2009 Instructional technology and media for learning Boston: Pearson Education

Subali B Ulqia N Ellianawati E Siswanto S 2021 Momentum concept learning using tracker as a virtual experiment model: looking at students learning independence Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al BiRuNi 10 1 19 28

Subekti Y Ariswan A 2016 Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2 2 252 261

Wulandari A I Sholikhan Ain N 2022 Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswapada topik usaha dan pesawat sederhana Rainstek Jurnal Terapan Sains Teknologi 4 1 57 60

Yamin M 2011 Paradigma baru pembelajaran Jakarta: Gaung Persada

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles