Pengembangan Modul Berbasis Riset Keanekaragaman Spesies Ikan di Danau Tondano terhadap Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6629

Keywords:

ADDIE, modul, keanekaragaman ikan, danau tondano, literasi sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa modul pembelajaran berbasis hasil riset keanekaragaman spesies ikan di danau Tondano pada mata kuliah Biodiversitas Sulawesi Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan desain pengembangan ADDIE analyze design development implementation evaluation Pengembangan modul ajar ini dilakukan dalam menjawab permasalahan terhadap kendala mahasiswa dalam memperoleh sumber referensi belajar yang lebih spesifik dikarenakan pada mata kuliah tersebut belum melakukan pengembangan tentang biodiversitas fauna khususnya keanekaragaman ikan di daerah danau Tondano Modul yang dikembangkan melaui penyusunan storyboard terlebih dahulu untuk memudahkan menyusun produk akhir Modul hasil pengembangan terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dengan hasil validasi sebesar 97 48 dengan kategori sangat valid dan validasi ahli media dengan hasil validasi sebesar 93 90 dengan kategori sangat valid Uji efektivitas modul terhadap literasi sains dengan perolehan nilai N Gain 87 70 dengan kategori sangat efektif dan pembagian penskoran memperoleh nilai N Gain 0 88 dengan kategori tinggi Hasil respon mahasiswa terhadap modul menunjukkan nilai sebesar 95 61 dengan kategori sangat praktis < p>

References

Ariana D Situmorang R P Krave A S 2020 Pengembangan modul berbasis discovery learning pada materi jaringan tumbuhan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas xi ipa sma Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA 11 1 34 46

Binanto I 2015 Tinjauan metode pengembangan perangkat lunak multimedia yang sesuai untuk mahasiswa tugas akhir In Seminar Nasional Rekayasa Komputer dan Aplikasinya pp 148 155

Daniah D 2020 Pentingnya inkuiri ilmiah pada praktikum dalam pembelajaran IPA untuk peningkatan literasi sains mahasiswa Pionir: Jurnal Pendidikan 9 1 144 153

Hake R R 1999 Analyzing Change Gain Score American Educational Association s Division D Measurement and Research Methodology

Humaidi H Irhasyuarna Y Hafizah E 2022 Analisis validitas terhadap pengembangan bahan ajar IPA berbasis literasi sains pada materi objek ipa dan pengamatannya Pahlawan Jurnal Pendidikan Sosial Budaya 18 1 11 15

Kambey R P Mantiri R O S E Lasut M T 2019 Efektivitas Beberapa Jenis Ikan dalam Mengonsumsi Eceng Gondok Eichhornia crassipes Mart Solms di Danau Tondano Kabupaten Minahasa Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia JIPI 24 1 28 31

Kawuwung F R Mamahit J A Jabari N 2023 Enhancing Students Critical Thinking Skills: A Quasi Experiment Study on Inquiry Learning Model Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan 8 4 271 276

Komalasari B S Jufri A W Santoso D 2019 Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan literasi sains Jurnal penelitian pendidikan IPA 5 2 219 227

Magdalena I Fauzi H N Putri R 2020 Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya Bintang 2 2 244 257

Mamahit J A Aloysius D C Suwono H 2020 Efektivitas model project based learning terintegrasi STEM PjBL STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan 5 9 1284 1289

Mardianti F Yulkifli Y Asrizal A 2020 Metaanalisis Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Literasi Saintifik Sainstek: Jurnal Sains dan Teknologi 12 2 91 100

Mege R A Manampiring N 2023 Biologi dan Konservasi Mamalia Endemik Sulawesi Klaten Indonesia: Penerbit Lakeisha

Novitasari N 2018 Profil kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru biologi Biosfer: Jurnal Tadris Biologi 9 1 36 44

Nurasih Y P Wahyuni I Leksono S M 2020 Pengembangan majalah invertebrata sebagai sumber belajar siswa sma pada subkonsep invertebrata Gagasan Pendidikan Indonesia 1 2 87 97

Prasetiyo N A Perwiraningtyas P 2017 Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup Pada Mata Kuliah Biologi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 3 1 19 27

Pratiwi S N Cari C Aminah N S 2019 Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika 9 1 34 42

Putri G A B Rinawati W 2018 Pengembangan media video pembelajaran American Service untuk mata kuliah Tata Hidang Journal of Culinary Education and Technology 7 4 1 9

Samsu N Mustika D Nafaida R Manurung N 2020 Analisis kelayakan dan kepraktisan modul praktikum berbasis literasi sains untuk pembelajaran IPA Jurnal IPA Pembelajaran IPA 4 1 29 40

Shofiyah N Wulandari R Setiyawati E 2020 Modul dinamika partikel terintegrasi permainan tradisional berbasis e learning untuk meningkatkan literasi sains Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan Pengajaran dan Pembelajaran 6 2 292 299

Sirate S F S Ramadhana R 2017 Pengembangan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi Jurnal Inspiratif Pendidikan 6 2 316 335

Suardipa I P Primayana K H 2020 Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Widyacarya: Jurnal Pendidikan Agama dan Budaya 4 2 88 100

Susanto M K Bataragoa N E Moningkey R D 2017 Distribusi Ukuran dan Pertumbuhan Ikan Payangka Muda Ophieleotris aporos Bleeker di Danau Tondano Jurnal Ilmiah Plata 5 2 189 197

Tuapetel F 2010 Perubahan Kondisi Tubuh Ikan Payangka Ophieleotris aporos Bleeker di Danau Tondano Amanisal 1 1 51 55

Wardianti Y Jayati R D 2018 Validitas modul biologi berbasis kearifan lokal BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains 1 2 136 142

Zahroh D A Yuliani Y 2021 Pengembangan e LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi BioEdu 10 3 605 616

Zubaidah S 2016 December Keterampilan abad ke 21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran In Seminar Nasional Pendidikan Vol 2 No 2 pp 1 17

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles