Pengembangan Modul Berbasis Riset Keanekaragaman Spesies Ikan di Danau Tondano terhadap Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6629Keywords:
ADDIE, modul, keanekaragaman ikan, danau tondano, literasi sainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa modul pembelajaran berbasis hasil riset keanekaragaman spesies ikan di danau Tondano pada mata kuliah Biodiversitas Sulawesi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan desain pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Pengembangan modul ajar ini dilakukan dalam menjawab permasalahan terhadap kendala mahasiswa dalam memperoleh sumber referensi belajar yang lebih spesifik, dikarenakan pada mata kuliah tersebut belum melakukan pengembangan tentang biodiversitas fauna khususnya keanekaragaman ikan di daerah danau Tondano. Modul yang dikembangkan melaui penyusunan storyboard terlebih dahulu untuk memudahkan menyusun produk akhir. Modul hasil pengembangan terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dengan hasil validasi sebesar 97.48% dengan kategori sangat valid, dan validasi ahli media dengan hasil validasi sebesar 93.90% dengan kategori sangat valid. Uji efektivitas modul terhadap literasi sains dengan perolehan nilai N-Gain 87.70% dengan kategori “sangat efektif”, dan pembagian penskoran memperoleh nilai N-Gain 0.88 dengan kategori “tinggi”. Hasil respon mahasiswa terhadap modul menunjukkan nilai sebesar 95.61 dengan kategori “sangat praktis”.
References
Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan modul berbasis discovery learning pada materi jaringan tumbuhan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas xi ipa sma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34-46.
Binanto, I. (2015). Tinjauan metode pengembangan perangkat lunak multimedia yang sesuai untuk mahasiswa tugas akhir. In Seminar Nasional Rekayasa Komputer dan Aplikasinya (pp. 148-155).
Daniah, D. (2020). Pentingnya inkuiri ilmiah pada praktikum dalam pembelajaran IPA untuk peningkatan literasi sains mahasiswa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 144-153.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. American Educational Association’s Division D, Measurement and Research Methodology.
Humaidi, H., Irhasyuarna, Y., & Hafizah, E. (2022). Analisis validitas terhadap pengembangan bahan ajar IPA berbasis literasi sains pada materi objek ipa dan pengamatannya. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 11-15.
Kambey R. P., Mantiri, R. O. S. E., & Lasut, M. T. (2019). Efektivitas Beberapa Jenis Ikan dalam Mengonsumsi Eceng Gondok (Eichhornia crassipes (Mart) Solms.) di Danau Tondano, Kabupaten Minahasa. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI), 24(1), 28-31.
Kawuwung, F. R., Mamahit, J. A., & Jabari, N. (2023). Enhancing Students’ Critical Thinking Skills: A Quasi-Experiment Study on Inquiry Learning Model. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 8(4), 271-276.
Komalasari, B. S., Jufri, A. W., & Santoso, D. (2019). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal penelitian pendidikan IPA, 5(2), 219-227.
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. Bintang, 2(2), 244-257.
Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas model project-based learning terintegrasi STEM (PjBL-STEM) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1284-1289.
Mardianti, F., Yulkifli, Y., & Asrizal, A. (2020). Metaanalisis Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Literasi Saintifik. Sainstek: Jurnal Sains dan Teknologi, 12(2), 91-100.
Mege, R. A., & Manampiring, N. (2023). Biologi dan Konservasi Mamalia Endemik Sulawesi. Klaten, Indonesia: Penerbit Lakeisha.
Novitasari, N. (2018). Profil kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru biologi. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 36-44.
Nurasih, Y. P., Wahyuni, I., & Leksono, S. M. (2020). Pengembangan majalah invertebrata sebagai sumber belajar siswa sma pada subkonsep invertebrata. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 87-97.
Prasetiyo, N. A., & Perwiraningtyas, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup Pada Mata Kuliah Biologi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 19-27.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.
Putri, G. A. B., & Rinawati, W. (2018). Pengembangan media video pembelajaran American Service untuk mata kuliah Tata Hidang. Journal of Culinary Education and Technology, 7(4), 1-9.
Samsu, N., Mustika, D., Nafaida, R., & Manurung, N. (2020). Analisis kelayakan dan kepraktisan modul praktikum berbasis literasi sains untuk pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 29-40.
Shofiyah, N., Wulandari, R., & Setiyawati, E. (2020). Modul dinamika partikel terintegrasi permainan tradisional berbasis e-learning untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 292-299.
Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316-335.
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.
Susanto, M. K., Bataragoa, N. E., & Moningkey, R. D. (2017). Distribusi Ukuran dan Pertumbuhan Ikan Payangka Muda Ophieleotris aporos (Bleeker) di Danau Tondano. Jurnal Ilmiah Plata, 5(2), 189-197.
Tuapetel, F. (2010). Perubahan Kondisi Tubuh Ikan Payangka Ophieleotris aporos Bleeker) di Danau Tondano. Amanisal, 1(1), 51-55.
Wardianti, Y., & Jayati, R. D. (2018). Validitas modul biologi berbasis kearifan lokal. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(2), 136-142.
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605-616.
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nonny Manampiring, Jimmi Andrew Mamahit, Dany Ch. Posumah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.