Pengaruh Model Group Investigation dan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Maria Yasinta Manuel Universitas Negeri Manado
  • Treesje Katrina Londa Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6807

Keywords:

group investigation, guided inquiry, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation dan guided inquiry terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari tinggi rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain treatment by level 2x2. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa kelas VII SMP Katolik Don Bosco Bitung tahun ajaran 2020/2021 yang tersebar dalam dua kelas eksperimen. Data penelitian diperoleh menggunakan teknik angket dan tes. Uji hipotesis menggunakan analisis varians dua arah dilanjutkan dengan uji BNT pada taraf kepercayaan 95%. Karena nilai signifikansi yang diperoleh pada pengujian keempat hipotesis penelitian kurang dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA yang menggunakan model group investigation dan model guided inquiry, (2) terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, (3) terdapat perbedaan hasil belajar kelompok siswa motivasi tinggi pada pembelajaran IPA yang menggunakan model group investigation dan model guided inquiry, (4) terdapat perbedaan hasil belajar kelompok siswa motivasi rendah pada pembelajaran IPA yang menggunakan model group investigation dan model guided inquiry. Dengan kata lain, terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation dan guided inquiry terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari motivasi belajar siswa.

References

Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedaan penguasaan konsep biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe goup investigation dan guided inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar MIPA, 8(1),19-23.

Akbar, M.A., Hikmawati, H., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh model guided inquiry learning terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Pringgarata. e-Saintika (Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan), 4(2), 105-111.

Bagiarta, I.N., Karyasa, I.W., & Suwadarna, I.N. (2018). Komparasi literasi sains antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI (group investigation) dan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) ditinjau dari motivasi berprestasi siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 8(1),16-25.

Harahap, R.A., & Derlina. (2017). Pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan metode know-want-learn (KWL): Dampak terhadap hasil belajar fluida dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(2), 149-158.

Hizbi, T., & Wajdi, B. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA-fisika siswa. Kappa Journal, 1(1), 1-12.

Kaur, D.P., Mantri, A., & Horan, B. (2020). Enhancing student motivation with use of augmented reality for interactive learning in engineering education. Procedia Computer Science, 172, 881–885.

Lestari, D.G., & Irawati, H. (2020). Literature review: Peningkatan hasil belajar kognitif dan motivasi siswa pada materi biologi melalui model pembelajaran guided inquiry. BIOMA (Jurnal Biologi dan Pembelajarannya), 2(2), 51-59.

Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N.N.S.P. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika peserta didik. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 4(2), 23-28.

Silviana, F. (2017). Efek model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan kerja sama dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 39-43.

Situmorang, M.V., (2020). Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar biologi pada materi sistem ekskresi. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(2), 40-44.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, H.B. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles