Pengaruh Media Pembelajaran CD Interaktif Melalui Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Sry Rahayu Pobela Universitas Negeri Manado
  • Jovialine A. Rungkat Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.854

Keywords:

media interaktif, hasil belajar, sistem pencernaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media pembelajaran CD interaktif melalui pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 7 Kotamobagu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan pretest posttest randomized two group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 7 Kotamobagu dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian yang diperoleh berupa selisih nilai rata-rata hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen sebesar 48,28 sedangkan untuk kelas kontrol 33,15. Setelah diuji statistik melalui uji-t, rata-rata hasil belajar yang didapat antara kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung = 10,58 > ttabel = 2,004. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran CD interaktif melalui pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 7 Kotamobagu

References

Al-Tabany, T. I. B. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstekstual. Jakarta: Prenada Media Group.

Allen, M. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: John Wiley & Sons.

Andriyani, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan CD Interaktif Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar IPA (Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 5 Tangerang). Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Angreni, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Disertai LKS Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Kelas IX SMP. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 36-40.

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Asikin, M. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMA Kelas X. Lembaran Ilmu Kependidikan, 37(1).

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2012). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Irsyad, I., Andrizal, A., & Putra, D. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Program Studi Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Padang. Automotive Engineering Education Journals, 1(1), 37-41.

Suardani, K. E., Lasmawan, I. W., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh Media CD Interaktif Berbantuan LKS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V di SD 1, 2, 5 Banyuasri-Singaraja. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3(1).

Musyarofah, S. (2011). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII M.Ts. N Jeketro Grobogan. Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Melalui Penggunaan CD Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Biologi Tahun 2010/2011. Skripsi. IAIN Walisongo Semarang.

Neka, I. K., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1), 1-11.

Nursalim, M., & Naqiyah, N. (2010). Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Romadhoni, I., Mahardika, I. K., & Harijanto, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika SMA di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 329-336.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiyatmoko, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Dengan Pendekatan Physics-Edutainment Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif. Journal of Primary Education, 1(1).

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles