Pengaruh Media Pembelajaran CD Interaktif Melalui Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid 19 Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.854Keywords:
media interaktif, hasil belajar, sistem pencernaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media pembelajaran CD interaktif melalui pembelajaran daring di era pandemi Covid 19 terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 7 Kotamobagu Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan pretest posttest randomized two group design < em> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 7 Kotamobagu dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest< em> sebelum diberikan perlakuan dan posttest< em> sesudah diberikan perlakuan Hasil penelitian yang diperoleh berupa selisih nilai rata rata hasil pretest< em> dan posttest< em> pada kelas eksperimen sebesar 48 28 sedangkan untuk kelas kontrol 33 15 Setelah diuji statistik melalui uji t rata rata hasil belajar yang didapat antara kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung < sub>= 10 58 gt; ttabel< sub> = 2 004 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran CD interaktif melalui pembelajaran daring di era pandemi Covid 19 terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 7 Kotamobagu< p>
References
Al Tabany T I B 2015 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Konstekstual Jakarta: Prenada Media Group
Allen M 2013 Michael Allen s Guide to E learning Canada: John Wiley Sons
Andriyani Y 2014 Pengaruh Penggunaan CD Interaktif Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar IPA Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 5 Tangerang Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Angreni S 2017 Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Disertai LKS Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Kelas IX SMP Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains 6 1 36 40
Arsyad A 2006 Media Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Asikin M 2008 Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving CPS Berbantuan CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMA Kelas X Lembaran Ilmu Kependidikan 37 1
Dimyati Mudjiono 2015 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik O 2012 Psikologi Belajar dan Mengajar Bandung: Sinar Baru Algesindo
Irsyad I Andrizal A Putra D S 2018 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Program Studi Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Padang Automotive Engineering Education Journals 1 1 37 41
Suardani K E Lasmawan I W Sadia I W 2013 Pengaruh Media CD Interaktif Berbantuan LKS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V di SD 1 2 5 Banyuasri Singaraja Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha 3 1
Musyarofah S 2011 Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII M Ts N Jeketro Grobogan Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Melalui Penggunaan CD Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Biologi Tahun 2010 2011 Skripsi IAIN Walisongo Semarang
Neka I K Marhaeni A A I N Suastra I W 2015 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha 5 1 1 11
Nursalim M Naqiyah N 2010 Media Bimbingan dan Konseling Surabaya: Unesa University Press
Romadhoni I Mahardika I K Harijanto A 2017 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Disertai Media CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika SMA di Kabupaten Bondowoso Jurnal Pembelajaran Fisika 5 4 329 336
Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Widiyatmoko A 2012 Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Dengan Pendekatan Physics Edutainment Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif Journal of Primary Education 1 1
