Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 2 Pusomaen

Authors

  • Fitri Laode Universitas Negeri Manado
  • Zusje W. M. Warouw Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.855

Keywords:

example non example, hasil belajar

Abstract

Minat dan motivasi belajar siswa yang masih kurang dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA dan rendahnya hasil belajar serta siswa kurang berperan aktif masih menjadi masalah dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example non example pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Pusomaen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, menggunakan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 2 Pusomaen dan sampel penelitian ini terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 19 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest sesudah diberikan perlakuan. Data hasil penelitian yang diperoleh berupa selisih nilai rata-rata hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah 57,10 sedangkan pada kelas kontrol adalah 51,14. Setelah diuji statistik melalui uji-t, diperoleh thitung = 4,180 > ttabel = 1.685. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran example non example pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Pusomaen.

References

Ariani, K. D. D., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1-9

Habibah, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4).

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran RI Tahun 2003 No. 20. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pratiwi, P., Agung, A. G., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 159-168.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardika, I. K., Made Sulastri, M. P., & Dibia, I. K. (2014). Pengaruh Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Tampaksiring. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Yensy, N. A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP N 1 Argamakmur. Exacta, 10(1), 24-35.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles