Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 2 Pusomaen
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.855Keywords:
example non example, hasil belajarAbstract
Minat dan motivasi belajar siswa yang masih kurang dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA dan rendahnya hasil belajar serta siswa kurang berperan aktif masih menjadi masalah dalam pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example non example< em> pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Pusomaen Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan penelitian pretest posttest control group design< em> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 2 Pusomaen dan sampel penelitian ini terdiri atas 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 19 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest< em> sebelum diberikan perlakuan dan posttest< em> sesudah diberikan perlakuan Data hasil penelitian yang diperoleh berupa selisih nilai rata rata hasil pretest< em> dan posttest< em> pada kelas eksperimen adalah 57 10 sedangkan pada kelas kontrol adalah 51 14 Setelah diuji statistik melalui uji t diperoleh thitung< sub> = 4 180 gt; ttabel< sub> = 1 685 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran example non example< em> pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Pusomaen < p>
References
Ariani K D D Mahadewi L P P Rati N W 2017 Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD e Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 5 2 1 9
Habibah S 2016 Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh Jurnal Pesona Dasar 3 4
Hamdani 2011 Strategi Belajar Mengajar Bandung: Pustaka Setia
Huda M 2013 Model Model Pengajaran dan Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Pemerintah Indonesia 2003 Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Lembaran RI Tahun 2003 No 20 Jakarta: Sekretariat Negara
Pratiwi P Agung A G Margunayasa I G 2019 Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar IPA Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 2 2 159 168
Shoimin A 2014 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 Yogjakarta: Ar Ruzz Media
Sudjana N 2009 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono 2014 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Wardika I K Made Sulastri M P Dibia I K 2014 Pengaruh Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Tampaksiring MIMBAR PGSD Undiksha 2 1
Yensy N A 2012 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP N 1 Argamakmur Exacta 10 1 24 35
