Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.942Keywords:
discovery learning, hasil belajar, penelitian tindakan kelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning< em> pada materi klasifikasi makhluk hidup Penelitian ini dilaksanakan di SMP Berea Tondano Tahun Ajaran 2020 2021 Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilakukan sebanyak dua siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 16 orang siswa Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi model discovery learning< em> sains dan tes objektif Pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 75 50 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89 75 yang tuntas dan hasil belajar menggunakan model discovery learning< em> siswa pada siklus I sebesar 65 31 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85 31 Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II Oleh karena itu siklus II sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning< em> dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Berea Tondano pada materi klasifikasi makhluk hidup < p>
References
Abdul M 2011 Perencanaan pembelajaran mengembangkan kompetensi guru Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Anyafulude J C 2013 Effects of problem based and discovery based instructional strategies on students academic achievement in chemistry Journal of Educational and Social Research 3 6 105 111
Arikunto Suharsimi Suharjo Supardi 2006 Penelitian tindakan kelas Jakarta: Bumi Aksara
Astuti T I Idrus I Yennita Y 2018 Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi biologi siswa SMP Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2 1 5 9
Darmadi H 2017 Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa Yogyakarta: Deepublish
Fatah M 2020 Pemanfaatan lapangan rumput sebagai sarana pembelajaran siswa kelas VII melalui metode discovery learning pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMP Yabujah Segeran Indramayu Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 5 8 614 622
Istiani R M Retnoningsih A 2015 Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar menggunakan metode post to post pada materi klasifikasi makhluk hidup Journal of Biology Education 4 1 70 80
Manurung S A K Lubis L 2010 Hubungan self regulated learning dan disiplin terhadap prestasi belajar Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA 2 2 76 88
Slameto 2010 Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya Jakarta: PT Rineka Cipta
Sukses I 2017 Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas VI di SDN 153 Pekanbaru Journal Pendidikan 1 2
Suprihatiningrum J 2016 Strategi pembelajaran Sleman: Ar Ruzz Media
Syah M 2010 Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Tumewu W A Wulan A R Sanjaya Y 2017 May Comparison between project based learning and discovery learning toward students metacognitive strategies on global warming concept In AIP Conference Proceedings Vol 1848 No 1 p 060013 AIP Publishing LLC
Wan Didit S Nevrita N Bony I 2019 Pengaruh model discovery learning dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjungpinang Skripsi Universitas Maritim Raja Ali Haji
