Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

Authors

  • Thezalonia M. Lempoy Universitas Negeri Manado
  • Metilistina Sasinggala Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.942

Keywords:

discovery learning, hasil belajar, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Berea Tondano Tahun Ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 16 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi model discovery learning sains dan tes objektif. Pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 75,50% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,75% yang tuntas dan hasil belajar menggunakan model discovery learning siswa pada siklus I sebesar 65,31% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,31%. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Oleh karena itu, siklus II sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Berea Tondano pada materi klasifikasi makhluk hidup.

References

Abdul, M. (2011). Perencanaan pembelajaran mengembangkan kompetensi guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Anyafulude, J. C. (2013). Effects of problem-based and discovery-based instructional strategies on students’ academic achievement in chemistry. Journal of Educational and Social Research, 3(6), 105-111.

Arikunto, Suharsimi, Suharjo, & Supardi. (2006). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi biologi siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5-9.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Fatah, M. (2020). Pemanfaatan lapangan rumput sebagai sarana pembelajaran siswa kelas VII melalui metode discovery learning pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMP Yabujah Segeran Indramayu. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 614-622.

Istiani, R. M., & Retnoningsih, A. (2015). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar menggunakan metode post to post pada materi klasifikasi makhluk hidup. Journal of Biology Education, 4(1), 70-80.

Manurung, S. A. K., & Lubis, L. (2010). Hubungan self regulated learning dan disiplin terhadap prestasi belajar. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 2(2), 76-88.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukses, I. (2017). Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas VI di SDN 153 Pekanbaru. Journal Pendidikan, 1(2).

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi pembelajaran. Sleman: Ar-Ruzz Media.

Syah, M. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Tumewu, W. A., Wulan, A. R., & Sanjaya, Y. (2017, May). Comparison between project-based learning and discovery learning toward students’ metacognitive strategies on global warming concept. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1848, No. 1, p. 060013). AIP Publishing LLC.

Wan Didit, S., Nevrita, N., & Bony, I. (2019). Pengaruh model discovery learning dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjungpinang. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles