Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Two Stay Two Stray Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 1 Essang
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.948Keywords:
think pair share, two stay two stray, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidupAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share< em> TPS dan kooperatif tipe Two Stay Two Stray< em> TSTS pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 1 Essang Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Essang tahun ajaran 2020 2021 Penelitian menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi experiment< em> dengan desain penelitian pretest posttest control group design< em> Penelitian dilakukan terhadap 2 kelompok yaitu kelas VII A kelas eksperimen I model pembelajaran tipe TSTS dan kelas VII B kelas eksperimen II model pembelajaran kooperatif tipe TPS Data hasil penelitian yang diperoleh dari kelas eksperimen I berupa nilai rata rata hasil pretest< em> 50 63 dan rata rata hasil posttest< em> 84 69 sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh rata rata nilai hasil pretest< em> 44 37 dan rata rata nilai posttest< em> 71 56 Hasil uji statistik melalui uji t diperoleh thitung< sub> lebih besar dari ttabel< sub> yaitu 3 676 gt; 1 697 Sehingga kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray< em> TSTS dan kelompok eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share< em> TPS pada materi klasifikasi makhluk hidup < p>
References
Arianto F 2013 Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Two Stay Two Stray TSTS Dan Think Pair Share TPS Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 2012 Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Aulia R Rajagukguk W 2017 Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Di Kelas VIII SMP N 27 Medan INSPIRATIF: Jurnal Pendidikan Matematika 3 3 82 93
Djumadi D AnNisaa A 2013 July Perbandingan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Two Stay Two Stray TSTS Dengan Think Pair Share TPS Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012 2013 In Proceeding Biology Education Conference: Biology Science Enviromental and Learning Vol 10 No 1
Hasanah M 2017 Perbandingan Hasil Belajar Siswa Konsep Sistem Peredaran Darah Menggunakan Model Two Stay Two Stray TSTS dan Think Pair Share TPS di SMP Negeri 2 Seunagan Kabupaten Nagan Raya BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan 3 2 145 152
Huda M 2013 Model Model Pengajaran dan Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kurniasih I Berlin S 2016 Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru Jakarta: Kata Pena
Lie A 2010 Cooperative Learning Mempraktekkan di Ruang Ruang Kelas Jakarta: PT Grasindo
Mustari K 2019 Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray TS TS dan Think Pair Share TPS Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik di Kelas X SMA Negeri 10 Maros Binomial 2 2 156 169
Padang J Djulia E 2016 Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Two Stay Two Stray Dengan Think Pair Share Tentang Sistem Peredaran Darah Pada Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu TP 2014 2015 Jurnal Pelita Pendidikan 4 1 1 6
Rozaiah N Wati M Mastuang M 2017 Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share TPS Dengan Tipe Two Stay Two Stray TSTS Pada Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Banjarmasin Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 1 1 24 37
Sanjaya W 2014 Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
