Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Two Stay Two Stray Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 1 Essang

Authors

  • Jenalsi Adalide Ramut Universitas Negeri Manado
  • Fransiska Harahap Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.948

Keywords:

think pair share, two stay two stray, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 1 Essang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Essang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Penelitian dilakukan terhadap 2 kelompok, yaitu kelas VII-A kelas eksperimen I model pembelajaran tipe TSTS dan kelas VII-B kelas eksperimen II model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Data hasil penelitian yang diperoleh dari kelas eksperimen I berupa nilai rata-rata hasil pretest 50,63 dan rata-rata hasil posttest 84,69 sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata nilai hasil pretest 44,37 dan rata-rata nilai posttest 71,56. Hasil uji statistik melalui uji-t, diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,676 > 1,697. Sehingga kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan kelompok eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi klasifikasi makhluk hidup.

References

Arianto, F. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aulia, R., & Rajagukguk, W. (2017). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Di Kelas VIII SMP N 27 Medan. INSPIRATIF: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 82-93.

Djumadi, D., & AnNisaa, A. (2013, July). Perbandingan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dengan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 10, No. 1).

Hasanah, M. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Konsep Sistem Peredaran Darah Menggunakan Model Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 2 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 3(2), 145-152.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, I. & Berlin, S. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Lie, A. (2010). Cooperative Learning Mempraktekkan di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Mustari, K. 2019). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik di Kelas X SMA Negeri 10 Maros. Binomial, 2(2), 156-169.

Padang, J., & Djulia, E. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Two Stay Two Stray Dengan Think Pair Share Tentang Sistem Peredaran Darah Pada Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu TP 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1), 1-6.

Rozaiah, N., Wati, M., & Mastuang, M. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 24-37.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles