Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Gerak Pada Tumbuhan
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.964Keywords:
pembelajaran berbasis proyek, keaktifan siswa, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat keaktifan siswa selama pelaksanaan pembelajaran IPA materi sistem gerak pada tumbuhan serta meningkatkan hasil belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Likupang Barat yang terdiri dari 2 kelas yakni VIII-A dan VIII-B. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan selama pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek terlihat keaktifan siswa yakni 13 peserta didik (43,33%) dikategorikan sangat aktif (keberanian untuk mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat serta kreatifitas belajar dalam kelompok terlihat sangat tinggi), 11 peserta didik (36,66%) dikategorikan aktif (mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan serta mengemukakan pendapat dikategorikan aktif meskipun melakukan dengan dorongan dari guru) dan 6 peserta didik (20%) dikategorikan cukup aktif (meskipun terlibat dalam proses pembelajaran namun meraka masih malu atau sibuk dengan kegiatan masing-masing) dan untuk hasil belajar 24 (80%) peserta didik dinyatakan tuntas dan hanya 6 (20%) siswa hasil belajarnya belum tuntas.
References
Arifa, A. B., Wibawanto, S., & Wirawan, I. M. (2018). Penerapan Model pembelajaran project based learning dengan strategi metakognitif untuk meningkatkan metakognitif dan hasil belajar. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 4(3), 3-7.
Dewi, I. K. A. M. P. (2012). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII E pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi SMP Negeri 3 Singaraja semester genap tahun ajaran 2011/2012. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 1(5), 992-1005.
Efrimal, F., Kurnia, N., & Wasidi. (2017). Penerapan model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kecermatan dan kreasi seni rupa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 48-61.
Kosasih, E. (2014). Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kristanti, Y. D., & Subiki, S. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning model) pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122-128.
Lestari, N. (2019). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Langkat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(1), 13-23.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149-160.
Sarwono, S., & Sugiharto, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap pengetahuan bencana alam di Indonesia dan perilaku cinta lingkungan hidup siswa kelas X SMA N 2 Surakarta Tahun 2015. Geo Edukasi, 5(1), 184-197.
Wardani, L. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar membuat kaitan pada benda jadi kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Bojonegoro. Jurnal Tata Busana, 6(3), 12-16.
Wena, M. (2011). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tujuan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Chritstofel A. L. Mananeke, Zusje W. M. Warouw

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.