Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Gerak Pada Tumbuhan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.964

Keywords:

pembelajaran berbasis proyek, keaktifan siswa, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keaktifan siswa selama pelaksanaan pembelajaran IPA materi sistem gerak pada tumbuhan serta meningkatkan hasil belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Likupang Barat yang terdiri dari 2 kelas yakni VIII A dan VIII B Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara serta dokumentasi Hasil analisis data menunjukkan selama pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek terlihat keaktifan siswa yakni 13 peserta didik 43 33 dikategorikan sangat aktif keberanian untuk mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat serta kreatifitas belajar dalam kelompok terlihat sangat tinggi 11 peserta didik 36 66 dikategorikan aktif mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan serta mengemukakan pendapat dikategorikan aktif meskipun melakukan dengan dorongan dari guru dan 6 peserta didik 20 dikategorikan cukup aktif meskipun terlibat dalam proses pembelajaran namun meraka masih malu atau sibuk dengan kegiatan masing masing dan untuk hasil belajar 24 80 peserta didik dinyatakan tuntas dan hanya 6 20 siswa hasil belajarnya belum tuntas < p>

References

Arifa A B Wibawanto S Wirawan I M 2018 Penerapan Model pembelajaran project based learning dengan strategi metakognitif untuk meningkatkan metakognitif dan hasil belajar Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan 4 3 3 7

Dewi I K A M P 2012 Penerapan model pembelajaran berbasis proyek project based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII E pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi SMP Negeri 3 Singaraja semester genap tahun ajaran 2011 2012 KARMAPATI Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika 1 5 992 1005

Efrimal F Kurnia N Wasidi 2017 Penerapan model project based learning PjBL untuk meningkatkan kecermatan dan kreasi seni rupa Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 7 2 48 61

Kosasih E 2014 Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013 Bandung: Yrama Widya

Kristanti Y D Subiki S 2017 Model pembelajaran berbasis proyek project based learning model pada pembelajaran fisika di SMA Jurnal Pembelajaran Fisika 5 2 122 128

Lestari N 2019 Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Ar Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Langkat Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu JPPT 1 1 13 23

Nurfitriyanti M 2016 Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6 2 149 160

Sarwono S Sugiharto A 2017 Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap pengetahuan bencana alam di Indonesia dan perilaku cinta lingkungan hidup siswa kelas X SMA N 2 Surakarta Tahun 2015 Geo Edukasi 5 1 184 197

Wardani L 2017 Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar membuat kaitan pada benda jadi kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Bojonegoro Jurnal Tata Busana 6 3 12 16

Wena M 2011 Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tujuan konseptual operasional Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles