Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Gerak Pada Tumbuhan
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.964Keywords:
pembelajaran berbasis proyek, keaktifan siswa, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat keaktifan siswa selama pelaksanaan pembelajaran IPA materi sistem gerak pada tumbuhan serta meningkatkan hasil belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Likupang Barat yang terdiri dari 2 kelas yakni VIII A dan VIII B Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara serta dokumentasi Hasil analisis data menunjukkan selama pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek terlihat keaktifan siswa yakni 13 peserta didik 43 33 dikategorikan sangat aktif keberanian untuk mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat serta kreatifitas belajar dalam kelompok terlihat sangat tinggi 11 peserta didik 36 66 dikategorikan aktif mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan serta mengemukakan pendapat dikategorikan aktif meskipun melakukan dengan dorongan dari guru dan 6 peserta didik 20 dikategorikan cukup aktif meskipun terlibat dalam proses pembelajaran namun meraka masih malu atau sibuk dengan kegiatan masing masing dan untuk hasil belajar 24 80 peserta didik dinyatakan tuntas dan hanya 6 20 siswa hasil belajarnya belum tuntas < p>
References
Arifa A B Wibawanto S Wirawan I M 2018 Penerapan Model pembelajaran project based learning dengan strategi metakognitif untuk meningkatkan metakognitif dan hasil belajar Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan 4 3 3 7
Dewi I K A M P 2012 Penerapan model pembelajaran berbasis proyek project based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII E pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi SMP Negeri 3 Singaraja semester genap tahun ajaran 2011 2012 KARMAPATI Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika 1 5 992 1005
Efrimal F Kurnia N Wasidi 2017 Penerapan model project based learning PjBL untuk meningkatkan kecermatan dan kreasi seni rupa Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 7 2 48 61
Kosasih E 2014 Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013 Bandung: Yrama Widya
Kristanti Y D Subiki S 2017 Model pembelajaran berbasis proyek project based learning model pada pembelajaran fisika di SMA Jurnal Pembelajaran Fisika 5 2 122 128
Lestari N 2019 Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Ar Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Langkat Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu JPPT 1 1 13 23
Nurfitriyanti M 2016 Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6 2 149 160
Sarwono S Sugiharto A 2017 Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap pengetahuan bencana alam di Indonesia dan perilaku cinta lingkungan hidup siswa kelas X SMA N 2 Surakarta Tahun 2015 Geo Edukasi 5 1 184 197
Wardani L 2017 Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar membuat kaitan pada benda jadi kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Bojonegoro Jurnal Tata Busana 6 3 12 16
Wena M 2011 Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tujuan konseptual operasional Jakarta: Bumi Aksara
