Peningkatan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Demonstrasi di Kelas X Jurusan TITL SMKN 2 Manado

Main Article Content

Ardi Mokalu
Calvin Mamahit
Rudy Sanger

Abstract

Abstrak< strong> Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran materi elektronika dasar dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Manado Tahun Ajaran 2019 2020 Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilakukan sebanyak dua siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 32 orang Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes essay< em> Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa Dari 32 siswa pencapaian KKM terjadi peningkatan yaitu rata rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 59 mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 88 Hal ini jelas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 Dengan demikian siklus 2 sudah memenuhi indikator pencapaian hasil < p>

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Demonstrasi di Kelas X Jurusan TITL SMKN 2 Manado. (2021). JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 19 26. https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i2.1045

References

Agus Suprijono 2009 Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM Model Pembelajaran Demonstrasi

Ali M 1996 Guru Dalam Proses Belajar Mengajar

Arikunto S 2005 Hasil Belajar Jakarta: Rineka Cipta

Aqib Zainal 2006 Penelitian tindakan kelas Bandung

Daluba N E 2013 Effect of Demonstration Method of Teaching on Students Achievement in Agricultural Science World journal of Education 3 6 1 7

Darsono Max dkk 2000 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Semarang: IKIP Press

Dimyati M Mudjiono 1999 Belajar dan Pembelajaran Depdikbud Jakarta: PT Rineka Cipta

Djaali 2011 Psikologi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik O 2006 Proses Belajar Mengajar Bandung : Bumi Aksara

Muhibbin Syah 2000 Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru Bandung: Remaja Rosda Karya

Reiner B Ertel W Posenauer H Schneider M 2014 September Lat: A simple learning from demonstration method In 2014 IEEE RSJ International Conference on Intelligent Robots and Systems pp 4436 4441 IEEE

Slameto 2010 Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana N 1989 Dasar dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru

Sudjana N 2006 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: Remaja Rosda Karya

Syaiful 2008 Model Pembelajaran Demonstrasi Jakarta: Rineka Cipta

Packard B Ontan n S 2017 March Policies for active learning from demonstration In 2017 AAAI Spring Symposium Series

Tamarugi R Sangi N Kambey M 2021 Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 1 1 1 6

Trianto 2007 Model model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Jakarta: Prestasi Pusaka

Udin S Winata Putra dkk 2004 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Universitas Terbuka