Hubungan Minat dan Motivasi dengan Hasil Belajar Teknik Instalasi Penerangan Listrik Siswa SMKN 2 Tanimbar Selatan

Authors

  • Silfina Sermatan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Nontje Sangi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Ruddy Sanger Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i2.1141

Keywords:

minat, motivasi, hasil belajar

Abstract

This study aims to: (1) analyze the relationship between interest and learning outcomes of Electrical Lighting Installation Engineering students at SMK N 2 Tanimbar Selatan; (2) analyze the relationship between motivation and learning outcomes of Electrical Lighting Installation Engineering students at SMK N 2 Tanimbar Selatan; (3) analyze the relationship between interest and motivation together with learning outcomes of Electrical Lighting Installation Engineering students at SMK N 2 Tanimbar Selatan. This study uses a quantitative correlational method approach to obtain a systematic, factual, and accurate design by describing the relationships between the independent or independent variables (X1, X2) and the dependent or dependent variable (Y), as well as how big the level of correlation between the variables is based on the correlation coefficient. Based on research on the relationship of interest and motivation with learning outcomes of Electrical Lighting Installation Engineering students of SMK N 2 Tanimbar Selatan, it is obtained that the level of the relationship between interest and learning outcomes, motivation and learning outcomes, as well as the relationship between interest and motivation together with learning outcomes, has a high level of correlation.

Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis hubungan minat dengan hasil belajar Teknik Instalasi Penerangan Listrik siswa SMK N 2 Tanimbar Selatan; (2) menganalisis hubungan motivasi dengan hasil belajar Teknik Instalasi Penerangan Listrik siswa SMK N 2 Tanimbar Selatan; (3) menganalisis hubungan minat dan motivasi secara bersama-sama dengan hasil belajar Teknik Instalasi Penerangan Listrik siswa SMK N 2 Tanimbar Selatan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mendapatkan rancangan secara sistematis, faktual dan akurat. Dengan mendeskripsikan hubungan-hubungan antara variabel indepeden atau bebas (X1, X2) dan variabel dependen atau terikat (Y), serta seberapa besar tingkat korelasi antara variabel-variabel berdasarkan koefisien korelasi. Berdasarkan penelitian tentang hubungan minat dan motivasi dengan hasil belajar Teknik Instalasi Penerangan Listrik siswa SMK N 2 Tanimbar Selatan diperoleh tingkat hubungan minat dengan hasil belajar, motivasi dengan hasil belajar, serta hubungan minat dan motivasi secara bersama-sama dengan hasil belajar yaitu mempunyai tingkat korelasi yang kuat.

References

Abror, A. R. (1993). Belajar dan Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Almansour, Y. M. (2012). The relationship between leadership styles and motivation of managers conceptual framework. Journal of Arts, Science and Commerce, 3(1), 161-166.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mamahit, C., & Ponto, H. (2021). Analisis Potensi Energi Listrik Ditinjau dari Energi Hidro di Minahasa Selatan. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37-42.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, H., Suyatno, S., & Madlazim, M. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI OKSIDASI DI KELAS X SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 572-578.

Woolfolk, A., E.,& Nicolich, L.M. (1984). Educational Psychology for Teaching,New Jersey, Prentice Hall, 240.

Downloads

Published

2021-10-26 — Updated on 2021-10-26

How to Cite

Sermatan, S., Sangi, N., & Sanger, R. (2021). Hubungan Minat dan Motivasi dengan Hasil Belajar Teknik Instalasi Penerangan Listrik Siswa SMKN 2 Tanimbar Selatan. JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 1-8. https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i2.1141