Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas X TITL SMK Cokroaminoto Kotamobagu

Main Article Content

Rian Rorimpandey
Hamid Detu
Jocke Rapar
Viverdy Memah

Abstract

Abstract< strong> < strong>This study aims to apply and analyze a problem based learning model in a group of students of Class X Electrical Power Installation Engineering in Indonesian abbreviated TITL SMK Cokroaminoto Kotamobagu in Basic Electronics learning This research hypothesizes that if you apply a problem based learning model it can improve student learning outcomes Based on the research in the first cycle of 22 students only 8 students 26 achieved learning mastery with a value of 75 While in the second cycle it increased to 22 all students 100 who achieved learning mastery Based on the results of this study it can be seen that using a problem based learning model can improve learning outcomes in Basic Electronics for class X TITL students at SMK Cokroaminoto Kotamobagu < strong>< p>

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan menganalisis model pembelajaran berbasis masalah pada kelompok siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik TITL SMK Cokroaminoto Kotamobagu pada pembelajaran Elektronika Dasar Hipotesis penelitian ini adalah apabila menerapkan model pembelajaran berbasis masalah maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa Berdasarkan penelitian pada siklus I dari 22 siswa hanya 8 orang siswa 26 yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai 75 Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 22 semua siswa 100 yang mencapai ketuntasan belajar Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat dilihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar Elektronika Dasar siswa kelas X TITL SMK Cokroaminoto Kotamobagu < strong>< p>

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas X TITL SMK Cokroaminoto Kotamobagu. (2022). JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 29 36. https://doi.org/10.53682/edunitro.v2i1.3354

References

Abbas N 2000 Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dalam Pembelajaran Matematika di SMU Depdikbud http: www depdiknas go id jurnal 51 040429 2520 ed 20 25nurhayati penerapan 2520 25model 2520pembelajaran pdf

Arikunto S 2019 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi Bumi Aksara

Dimyati Mudjiono 2013 Belajar dan Pembelajaran Rineka Cipta

Fogarty R 1997 Problem based learning and other curriculum models for the multiple intelligences classroom Sky Light https: eric ed gov ?id=ED405143

Mokalu A Mamahit C E J Sanger R 2021 Peningkatan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Demonstrasi di Kelas X Jurusan TITL SMKN 2 Manado JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 1 2 19 26 https: ejurnal unima ac id index php edunitro article view 1045

Munawar I 2009 Hasil Belajar Pengertian dan Definisi http: indramunawar blogspot com 2009 06 hasil belajar pengertian dan definisi html

Okta P D Yennita Y Ansori I 2018 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 2 1 86 95 https: doi org 10 33369 diklabio 2 1 86 95

Ratnaningsih N 2003 Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Siswa SMU melalui Pembelajaran Berbasis Masalah UPI

Slameto 2003 Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya Rineka Cipta

Sudjana N 2010 Penilaian hasil proses belajar mengajar 2010 Bandung: PT In Remaja Rosdakarya PT Remaja Rosda Karya

Sugianto L Ilyas M Ma rufi M 2020 Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi Kecerdasan Emosional dan Karakter Al Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 8 1 61 76 https: doi org 10 24256 jpmipa v8i1 984

Warsito B 2006 Teropong Pendidikan Kita: Antologi Artikel 2005 2006 Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional