Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas X TITL SMK Cokroaminoto Kotamobagu
DOI:
https://doi.org/10.53682/edunitro.v2i1.3354Keywords:
hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran elektronika dasarAbstract
Abstract– This study aims to apply and analyze a problem-based learning model in a group of students of Class X Electrical Power Installation Engineering (in Indonesian abbreviated TITL) SMK Cokroaminoto Kotamobagu in Basic Electronics learning. This research hypothesizes that if you apply a problem-based learning model, it can improve student learning outcomes. Based on the research in the first cycle of 22 students, only 8 students (26%) achieved learning mastery with a value of 75. While in the second cycle, it increased to 22 (all) students (100%) who achieved learning mastery. Based on the results of this study, it can be seen that using a problem-based learning model can improve learning outcomes in Basic Electronics for class X TITL students at SMK Cokroaminoto Kotamobagu.
Abstrak– Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan menganalisis model pembelajaran berbasis masalah pada kelompok siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Cokroaminoto Kotamobagu pada pembelajaran Elektronika Dasar. Hipotesis penelitian ini adalah apabila menerapkan model pembelajaran berbasis masalah maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian pada siklus I dari 22 siswa hanya 8 orang siswa (26%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai ≤ 75. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 22 (semua) siswa (100%) yang mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat dilihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar Elektronika Dasar siswa kelas X TITL SMK Cokroaminoto Kotamobagu.
References
Abbas, N. (2000). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dalam Pembelajaran Matematika di SMU. Depdikbud. http://www.depdiknas.go.id/jurnal/51/040429%2520-ed-20%25nurhayati-penerapan%2520%25model%2520pembelajaran.pdf
Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Fogarty, R. (1997). Problem-based learning and other curriculum models for the multiple intelligences classroom. Sky Light. https://eric.ed.gov/?id=ED405143
Mokalu, A., Mamahit, C. E. J., & Sanger, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Demonstrasi di Kelas X Jurusan TITL SMKN 2 Manado. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 19–26. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edunitro/article/view/1045
Munawar, I. (2009). Hasil Belajar (Pengertian dan Definisi). http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html
Okta, P. D., Yennita, Y., & Ansori, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 86–95. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.86-95
Ratnaningsih, N. (2003). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Siswa SMU melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. UPI.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar, 2010, Bandung: PT. In Remaja Rosdakarya. PT. Remaja Rosda Karya.
Sugianto, L., Ilyas, M., & Ma’rufi, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi Kecerdasan Emosional dan Karakter. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 61–76. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.984
Warsito, B. (2006). Teropong Pendidikan Kita: Antologi Artikel 2005-2006. Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rian Rorimpandey, Hamid Detu, Jocke Rapar, Viverdy Memah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.