Peran Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa SMK Yadika Langowan

Authors

  • Hakim Setiawan Hamid Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Irenne Lombogia SMK Yadika Langowan
  • Agustinus Takaredase Pendidikan Teknologi Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Manado
  • Harrichoon Angmalisang Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edunitro.v2i1.3436

Keywords:

peran guru, keteladanan, pembentukan karakter

Abstract

Abstract— This study aims to find out how the role of exemplary teachers in SMK Yadika Langowan and how the character of students in SMK Yadika Langowan. This study uses descriptive qualitative research methods that produce descriptive data in written or spoken words from people and observed behavior. Furthermore, the researcher himself took the object of research to 8 teachers and several students, each of whom answered the researcher. Data collection techniques that researchers use are observation, interviews, and documentation. The results of this study that the researchers got are where the role of exemplary teachers in SMK Yadika Langowan can be perfect. All existing teachers work as assigned by the principal. Furthermore, regarding the character of students, there are still many other factors that influence it. However, of all these factors, the school has tried to make and prevent it through various ways, including making regulations and sanctions for those who violate them.

Abstrak— Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana peran keteladanan guru yang ada di SMK Yadika Langowan, dan bagaimana karakter siswa yang ada di SMK Yadika Langowan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Peneliti sendiri mengambil objek penelitian kepada 8 orang guru dan beberapa siswa yang masing-masing telah memberikan jawaban kepada peneliti. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yang peneliti dapatkan adalah dimana peran keteladanan guru yang ada di SMK Yadika Langowan dapat dikatakan sangat baik. Semua guru yang ada bekerja sebagaimana tugas yang telah diberikan oleh kepala sekolah.  Mengenai karakter siswa memang masih banyak lagi faktor-faktor yang mempengaruhinya. Akan tetapi dari semua faktor itu dari pihak sekolah telah berupaya membuat dan mencegah lewat berbagai cara di antaranya membuat peraturan dan sanksi bagi yang melanggarnya.

References

Arief, A. H. S. & A. (2010). Terampilan Mengelolah Data Kualitatif dengan Nvivo. Penerbit Peranda Media Group.

Asmani, J. M. (7 C.E.). Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. In Yogyakarta: Power Books. Power Books.

Daryanto. (2013). (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya. Yrama Widya.

Davis, I. K. (1987). Pengelolaan Belajar. CV Rajawali.

Departemen Agama RI. (2003). Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang SISDIKNAS.

Fauzi, A. (1990). Analisis Karakter Siswa. Buku Sudirman.

Isa, K. M. (1994). Khashaish Madrasatin Nubuwwah (Manajemen Pendidikan Islam). PT Fikahati Anesta.

Jamal Ma’mur Asmani. (2012). Tips Menjadi Guru Inspriratif, Kreatif, dan Inovatif.

Mamahit, C. E. J. (2019). ANALYSIS TO THE INFLUENCE OF TIME MANAGEMENT AND TEACHING MOTIVATION ON LECTURER’S PERFORMANCE. Jurnal MANAJERIAL, 18(1). https://doi.org/10.17509/manajerial.v18i1.11002

Marimba, A. D. (1980). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT. In Al Ma’arif. PT al Ma’arif.

Naim, N. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia,” in Kamus Besar Bahasa Indonesia. In Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. https://www.kbbi.web.id/

Olsen, E. (1991). Cardiovascular Pathology. In Journal of Clinical Pathology (Vol. 44, Issue 8). https://doi.org/10.1136/jcp.44.8.703-c

Pratama, D. F. (n.d.). Faktor yang Memengaruhi Perilaku Siswa di Sekolah. https://www.matrapendidikan.com/2016/09/faktor-memengaruhi-perilaku-siswa-di.html

Sermatan, S., Sangi, N., & Sanger, R. (20121). Hubungan Minat dan Motivasi dengan Hasil Belajar Teknik Instalasi Penerangan Listrik Siswa SMKN 2 Tanimbar Selatan. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 1–8. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edunitro/article/view/1141

Usman, M. U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.

WJS Poerwadarminta. (1983). Kamus Umum Bahasa. Balai Pustaka.

Yaumi, M; Sirate, S. F. S. (2017). keteladanan Guru dalam pembentukan Karakter Anak Bangsa. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P

Published

2022-04-01 — Updated on 2022-04-01

How to Cite

Hamid, H. S., Lombogia, I., Takaredase, A., & Angmalisang, H. (2022). Peran Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa SMK Yadika Langowan. JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 45-52. https://doi.org/10.53682/edunitro.v2i1.3436

Issue

Section

Articles