Hubungan Fasilitas dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Bidang Studi Semester 1 Pendidikan Teknik Elektro
DOI:
https://doi.org/10.53682/edunitro.v2i2.4417Keywords:
fasilitas, prestasi belajarAbstract
Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis Hubungan Fasilitas Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Bidang Studi Semester 1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Manado. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mendapatkan rancangan secara sistematis, faktual dan akurat. Dengan mendeskripsikan hubungan-hubungan antara variabel indepeden atau bebas (X) dan variabel dependen atau terikat (Y), serta seberapa besar tingkat korelasi antara variabel-variabel berdasarkan koefisien korelasi, pengambilan data melalui angket untuk variabel Fasilitas dan Prestasi belajar melalui dokumen data, pengolahan data menggunakan program SPSS 25. Berdasarkan penelitian tentang hubungan Fasilitas dengan prestasi belajar mata kuliah bidang studi semester 1 pendidikan teknik elektro universitas negeri manado bahwa tingkat hubungan Fasilitas dengan prestasi belajar yang kuat.
References
Abu, A., & Widodo, S. (2004). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Amirin, T. M. (2013). Manajemen Pendidikan. UNY Press.
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.
Bungangu, H. I., Kambey, M., & Sanger, R. (2021). Hubungan Kemandirian dan Fasilitas dengan Prestasi Belajar Teknik Instalasi Tenaga Listrik. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 35–42. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edunitro/article/view/1715
Cheryan, S., Ziegler, S. A., Plaut, V. C., & Meltzoff, A. N. (2014). Designing Classrooms to Maximize Student Achievement. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 1(1), 4–12. https://doi.org/10.1177/2372732214548677
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Yrama Widya.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Durán-Narucki, V. (2008). School building condition, school attendance, and academic achievement in New York City public schools: A mediation model. Journal of Environmental Psychology, 28(3), 278–286. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2008.02.008
Han, I., & Shin, W. S. (2016). The use of a mobile learning management system and academic achievement of online students. Computers & Education, 102, 79–89. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.07.003
Hutabarat, S., & Evans, S. M. (1985). Pengantar Oseanografi. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Kamagi, W., Memah, V., & Ticoh, J. (2021). Hubungan Kuliah Daring dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Eduntro, 1(2), 9–18. https://doi.org/https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i2.1880
Mamahit, C. E. J. (2019). ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KINERJA DOSEN. Manajerial, 18(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/manajerial.v18i1.11002
Picus, L. O., Marion, S. F., Calvo, N., & Glenn, W. J. (2005). Understanding the Relationship Between Student Achievement and the Quality of Educational Facilities: Evidence From Wyoming. Peabody Journal of Education, 80(3), 71–95. https://doi.org/10.1207/s15327930pje8003_5
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sukardi, H. M. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Suryosubroto B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. In Manajemen Pendidikan di Sekolah. Rineka Cipta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.
Uline, C., & Tschannen‐Moran, M. (2008). The walls speak: the interplay of quality facilities, school climate, and student achievement. Journal of Educational Administration, 46(1), 55–73. https://doi.org/10.1108/09578230810849817
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Theoreza Rombot, Calvin Mamahit, Janne Ticoh, Maickel Tuegeh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.